in

Jokowi Umumkan PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 2 Agustus

Tangkap layar pidato Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/7/2021).

 

HALO SEMARANG – Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang sebenarnya berakhir Minggu (25/7/2021). Keputusan tersebut diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Minggu (25/7/2021) malam. PPKM Level 4 diperpanjang hingga 2 Agustus 2021.

“Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021. Namun kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati,” kata Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Pada masa perpanjangan PPKM ini, dilakukan pembatasan pada sejumlah sektor, mulai dari perkantoran, pendidikan, pusat perbelanjaan, tempat makan atau restoran, transportasi, wisata, seni budaya, hingga sosial kemasyarakatan.

Dalam relaksasi PPKM level 4, sejumlah aturan diubah. Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan buka dengan protokol kesehatan ketat.

Pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok bisa buka kapasitas maksimum 50 persen dengan jam buka terbatas sampai pukul 15.00 WIB. Usaha-usaha kecil seperti pedagang kaki lima diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai jam tertentu.

Jokowi menegaskan hal-hal teknis lainnya terkait relaksasi PPKM level 4 akan dijelaskan oleh menteri terkait. Jokowi menyatakan pemerintah meningkatkan pemberian bantuan sosial untuk masyarakat karena dampak pandemi Covid-19 ini menyasar sektor ekonomi juga.(HS)

Share This

Selama Pandemi, Permintaan Jahe Merah Meningkat

Panglima TNI: TNI-Polri Bantu Siapkan Fasilitas Isoman dan Isoter Di Setiap Wilayah