Jokowi dan PM Malaysia Bahas Hubungan Bilateral, di Teras Belakang Istana Merdeka

Presiden Jokowi berbincang dengan PM Muhyiddin, di teras belakang Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (05/02) pagi. (Sumber: Setkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi kenegaraan Perdana Menteri (PM) Malaysia ke-8, Tan Sri Muhyiddin Yassin, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (05/02).

Lawatan ke Indonesia ini, merupakan kunjungan luar negeri pertama Muhyiddin Yassin, setelah menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia sejak Maret 2020 silam.

Mengawali rangkaian penyambutan, tampak kendaraan yang membawa PM Malaysia bergerak dari Monas menuju kompleks Istana Kepresidenan, dengan disambut pasukan berkuda dan arak-arakan drum band pasukan Paspampres.

Setiba di Istana Merdeka, PM Muhyiddin disambut dengan tari-tarian diiringi musik gamelan. Presiden Jokowi tampak telah bersiap menyambut PM Malaysia tersebut.

Selanjutnya, PM Muhyiddin dan Presiden Jokowi, menuju ke halaman tengah Istana Merdeka, untuk mengikuti upacara kenegaraan. Dalam upacara tersebut, dikumandangkan lagu kebangsaan kedua negara.

Setelah itu, kedua pemimpin memperkenalkan delegasi masing-masing. Tampak hadir delegasi dari Indonesia Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto.

Kemudian, PM Malaysia bersama Presiden RI memasuki Ruang Kredensial, untuk berfoto bersama, serta penandatanganan buku tamu oleh PM Malaysia.

Seperti dirilis Setkab.go.id, kedua pemimpin kemudian menuju teras belakang Istana Merdeka untuk melakukan pertemuan bilateral. Di sana, tampak Presiden RI berbincang bersama PM Malaysia dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam pertemuan bilateral ini, pemimpin kedua negara diagendakan membahas sejumlah hal mulai dari kerja sama bilateral hingga isu regional maupun global.

Usai pertemuan Presiden RI dan Presiden Malaysia akan memberikan pernyataan pers bersama. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.