in

Joging untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Anggota CJC berfoto bersama sebelum melakukan aktivitas rutin.

 

HALO SEMARANG – Pada masa pandemi Covid-19, menjaga kekebalan dan ketahanan tubuh merupakan hal yang sangat penting. Salah satunya dengan melakukan jalan dan lari.

Dengan maksud untuk meningkatkan kekebalan tubuh itulah, maka dibentuk Citarum Jogging Club (CJC). Anggotanya belasan, dan dipimpin Johar Lin Eng.

Menurut Johar, CJC terbentuk pada Juli 2020. Kebetulan semua anggotanya merupakan pencinta olahraga.

Ada yang mantan pesepak bola, pengurus sepak bola, guru olahraga, perangkat pertandingan sepak bola, dan wartawan olahraga. CJC melaksanakan aktivitasnya setiap Selasa dan Kamis.

Lokasi joging adalah di Semarang dan sekitar. Terkadang mengambil tempat di Lapangan Sidodadi atau tepi Banjir Kanal Barat.

‘’Kami biasanya mulai joging pada pukul 14.00 WIB hingga selesai. Kalau hujan, kami tetap beraktivitas dengan mengambil tempat tertutup,’’ ujar Johar, Sabtu (6/2/2021).

Dia menambahkan, ‘’Di antara anggota CJC ada yang memilih berjalan, lari, atau gabungan dari keduanya. Yang penting dapat keringat dan sehat.’’

Agar komunitas bisa bertahan dan tidak bosan, kadang-kadang joging di luar Semarang. Beberapa tempat yang pernah disinggahi adalah Stadion Wujil Ungaran, Kabupaten Semarang, Stadion Kridanggo Kota Salatiga, dan Stadion Bhumiphala Kabupaten Temanggung.

‘’Banyak yang menawari kami untuk joging di luar Semarang. Ya, semua ini karena pertemanan,’’ tuturnya.

Salah seorang anggota CJC, Joni Afrianto, mengaku senang bisa berolahraga rutin. Jalan dan lari merupakan kegiatan olahraga yang murah tapi berfaedah.

‘’Seiring dengan bertambahnya usia, menggabungkan jalan dan lari adalah pilihan yang realistis. Sebab, memaksakan olahraga berat berisiko cedera,’’ ujar Joni yang sehari-hari adalah guru olahraga SMK Negeri 6 Semarang.(HS)

Share This

Beberapa Wilayah Aman, Kali Ini Tak Luput Dari Banjir

Presiden Jokowi Nyatakan Akan Tetap Melawan Diskriminasi Sawit