in

Jenazah Eril Diperkirakan Tiba di Indonesia Minggu

Gambar : Insragram @emmerilkahn

 

HALO SEMARANG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melalui unggahan di Instagramnya, Kamis (9/6), mengungkap rasa syukur atas penemuan jenazah putranya, oleh kepolisian Kanton Bern, Swiss.

“Allahu akbar. Alhamdulillah ya Allah SWT, engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah ananda Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan,” tulis Ridwan Kamil.

Dia juga mengemukakan jenazah Eril, diperkirakan tiba di Tanah Air, Minggu (12/6), untuk dimakamkan keesokan harinya.

“Jenazah Eril insyaallah akan kembali ke Tanah Air di hari Minggu, dan akan dimakamkan di hari Senin,” ujarnya.

Dalam unggahan tersebut, dia juga mengungkapkan terima kasih kepada KBRI Swiss serta pemerintah Kota Bern, yang turut dalam pencarian Eril.

“Terima kasih kepada KBRI Swiss dan kepolisian atau pemerintah Kota Bern atas kerja kerasnya. Jazakallah kepada semua pihak yang turut membantu,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepolisian Bern melalui laman resminya, Rabu (8/6/2022) mengumumkan penemuan jenazah Eril, yang tenggelam di Sungai Aaree, 26 Mei 2022 lalu

Pagi itu pada pukul pukul 06:50 waktu setempat, polisi menemukan seorang pria yang sudah meninggal, di bendungan Engehalde, tepatnya di cekungan limpahan bendung dan kemudian melakukan evakuasi.

Dari pemeriksaan forensik dan tes DNA yang dilakukan, diketahui bahwa korban meninggal adalah WNI yang hilang di Aare sejak Kamis, 26 Mei 2022.

Pria berusia 22 tahun itu, sebelumnya berenang di Sungai Aaree, dan mengalami keadaan darurat, hingga kemudian tenggelam.

Menurut Kepolisian Bern, sejak menerima laporan adanya orang yang tenggelam di Aaree, pencarian intensif terus dilakukan. Berbagai layanan darurat dilibatkan dalam operasi pencarian tersebut. Kepolisian juga mengerahkan berbagai sumber daya, termasuk drone, perahu, penyelam, dan anjing polisi.

“Semua penyelidikan itu sekarang selesai,” kata keterangan resmi kepolisian Bern tersebut.

Sementara itu Duta Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern, Muliaman Hadad, dengan didampingi adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman, Kamis (9/6/2022) malam, menjelaskan secara rinci kronologi penemuan jenazah Eril.

Menurut dia, pihak keluarga dan KBRI sudah tahu adanya penemuan jenazah pria muda di Bendungan Engehalde sejak kemarin, Rabu (8/6/2022). Namun demikian, kepolisian Bern masih harus melakukan uji forensik dan tes DNA, untuk memastikan bahwa korban adalah Eril.

Hasil uji forensik tersebut, baru disampaikan kepolisian kanton Bern, pada Kamis (9/6/2022) siang waktu Swiss dan memastikan bahwa jenazah yang ditemukan di bendungan adalah Emmeril Kahn Mumtadz.

Muliaman juga memastikan bahwa KBRI Bern, akan terus mendampingi keluarga Ridwan Kamil, dalam persiapan dan proses pengurusan repatriasi ananda Eril ke Tanah Air.

KBRI Bern juga akan mengawal pemulangan Eril hingga tiba di Indonesia. Diusahakan agar jenazah Eril, dapat tiba di Indonesia, pada Minggu. Adapun sesampai di Bandara Soekarno-Hatta, yang akan memfasilitasi adalah Direktorat Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri. (HS-08)

Jenazah Anak Ridwan Kamil Akhirnya Ditemukan

Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya, Jumat (10/6/2022)