in

Jelang Ramadan, Warga Lakukan Tradisi Ziarah Ke Makam Para Aulia

IKA PMII Kendal saat ziarah di Makam Ulama dan Kiai, Sabtu (10/4/2021).

 

HALO KENDAL – Berbagai elemen masyarakat, menjelang bulan suci Ramadan, melakukan ziarah ke makam para aulia atau tokoh agama pendahulu yang berada di wilayah Kabupaten Kendal.

Sesuai dengan program pemerintah yang ingin menjadikan Kabupaten Kendal menjadi pusat kawasan Industri dan Pariwisata, ziarah jelang Ramadan ini juga diinisiasi oleh Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Kendal.

Bersama berbagai elemen dari Banser dan Ansor, IKA PMII Kendal melakukan ziarah berantai. Dari satu makam, ke makam kiai atau ulama lainnya di Kabupaten Kendal, Sabtu (10/4/2021).

Menurut Ketua IKA PMII Kendal, Muhammad Makmun, tujuan ziarah kubur dalam rangka mendoakan para aulia atau ulama/kiai pendahulu.

“Selain itu, juga kegiatan rutin menjelang bulan suci Ramadan yang tinggal menghitung hari,” ujar Makmun yang juga menjabat Ketua DPRD Kabupaten Kendal.

Ditandaskan, umat muslim khususnya warga Nahdliyin melakukan ziarah kubur para aulia merupakan kegiatan yang harus dilestarikan.

“Karena dengan ziarah, kita bisa selalu ingat akan kematian yang akan kita hadapi. Selain itu, juga sekaligus mendoakan arwah para pemimpin pendahulu,” tandasnya.

Diawali dari makam Wali Gembyang, dilanjutkan ke Makam Kiai Guru, kemudian Makam Sunan Benowo dan Makam Kiai Lasidi yang berada di Kemangi, Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung.

“Hal ini juga sesuai dengan program pemerintah Kabupaten Kendal, yang akan menjadikan Kendal sebagai pusat kawasan industri dan pariwisata. Baik wisata religi maupun wisata alam,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Choirul Huda menjelaskan, ini merupakan momen tepat menjelang Ramadan, dengan ziarah kubur.

Menurutnya, dengan kegiatan ini selain melestarikan budaya, juga menjaga akidah khususnya umat Nahdliyin.

“Jangan sampai para generasi muda lupa akan leluhur, khususnya para aulia yang telah berjuang dalam penyebaran Agama Islam di Kabipaten Kendal,” pungkasnya.(HS)

Share This

Timnas Indonesia Akan Uji Coba dengan Afghanistan

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Minggu (11/4/2021)