in

Jelang Ramadan, Polres Banjarnegara Gelar Keroyok Vaksin dan Operasi Yustisi Cegah Covid-19

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto SIK MH memimpin apel keroyok vaksin di Mapolsek Mandiraja. (Foto : Humas.polri.go.id)

 

HALO BANJARNEGARA – Polres Banjarnegara menggelar program keroyok vaksin hari kelima, di Wilayah Kecamatatan Mandiraja Banjarnegara, Senin (28/3/2022).

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto SIK MH, mengatakan lokasi pelaksanaan vaksinasi bertempat di Mandiraja Wetan dan Desa Kebanaran.

Sebelumnya, hari pertama 24 Maret 2022, program keroyok vaksin digelar di Wilayah Kecamatan Banjarnegara, Jumat 25 Maret 2022 di Kecamatan Sigaluh, Sabtu 26 Maret di Kecamatan Bawang, dan hari keempat, Minggu 27 Maret 2022 di Kecamatan Wanadadi.

“Total yang akan kita keroyok vaksin sebanyak 16 desa di Kecamatan Mandiraja dengan target seribu warga bisa tervaksin,” katanya saat memimpin apel keroyok vaksin di Mapolsek Mandiraja.

Petugas vaksinasi dari Puskesmas setempat dan input data dibantu personel Polres Banjarnegara

Ia menjelaskan, program keroyok vaksin yaitu sistem vaksinasiasi dengan menggerakan seluruh anggota Polres Banjarnegara untuk memobilisasi masyarakat yang belum vaksin, baik dosis satu, dua maupun tiga untuk datang dan beramai-ramai datang ke tempat vaksinasi.

“Mobilisasi ini dilakukan dengan menggunakan mobil dinas maupun pribadi untuk menjemput warga akan mengikuti vaksinasi,” kata dia, seperti dirilis Humas.polri.go.id.

Kapolres berharap, sebelum Ramadan 1443 Hijriyah, vaksinasi bisa mencapai target, sehingga program keroyok vaksin harus jalan terus.

“Saya ingin pada saat bulan suci Ramadan tiba semua anggota bisa fokus ibadah, tidak lagi disibukan dengan vaksinasi,” kata dia.

Selain vaksinasi massal, Polres Banjarnegara bersama TNI Kodim 0704/ Banjarnegara dan Satpol PP Kabupaten Banjarnegara, juga melakukan Operasi Yustisi kampanye protokol kesehatan. Dalam kegiatan itu, petugas gabungan juga membagikan masker secara gratis kepada masyarakat.

“Hari ini kami memberikan imbauan secara humanis dan membagikan masker guna membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan masker. Pembagian masker dilakukan di wilayah Banjarnegara,” kata Kapolres.

Menurut dia, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menekan laju penyebaran Covid-19,  maka untuk itu dia menekanan, penggunan masker kain wajib setiap tiga jam sekali atau maksimal 4 jam diganti.

“Apabila masker basah atau lembab harus diganti, untuk itu kami himbau agar masyarakat membawa beberapa masker sekaligus. Sesampainya di rumah, masker segera dicuci, ujarnya.

Menurut dia, penggunaan masker efektif kalau diikuti dengan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Agar penggunaan masker efektif protokol kesehatan harus selalu diterapkan,” tuturnya.

Ia berharap, kegiatan hari ini dapat memotivasi masyarakat Banjarnegara untuk tetap menjaga kesehatan.

“Semoga dengan selalu menerapakan protokol kesehatan pandemi Covid-19 segera berlalu,” kata dia. (HS-08)

Sejumlah Polres di Jateng Sosialisasikan Kewajiban Kepesertaan BPJS Bagi Pemohon SIM dan STNK

Minimarket Modern di Kendal Dibobol Maling, Uang Rp 60 Juta dan Rokok Raib