in

Jelang Pilkada, Kepala Kesbangpol Kendal Ingatkan Netralitas kepada Ratusan PPPK

Kepala Kesbangpol Kendal, Alfebian Yulando saat menjadi narasumber di hadapan ratusan PPPK, dalam rangka menjaga netralitas ASN di ajang Pilkada 2024, di Aula Dinas PUPR Kendal, Selasa (21/5/2024)

HALO KENDAL – Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) wajib menjaga netralitas yang tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun dalam pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kendal, Alfebian Yulando, saat memberikan arahan kepada PPPK Kabupaten Kendal, di aula Dinas PUPR Kendal, Selasa (21/5/2024).

Menurutnya, netralitas ASN itu bukan hanya saat masa pemilihan, tetapi sebelum dan sesudah Pilkada berlangsung. “Supaya ASN dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dengan adil,” ujar Febi sapaan akrabnya.

Dijelaskan, netralitas sendiri berkaitan erat dengan nilai loyalitas. Karena ASN harus menjaga komitmen dan integritas, bahwa ASN tidak akan melakukan hal yang tidak adil.

“Pasalnya, saat ini, merupakan masa rawan. Tanpa disadari, ASN dalam kehidupan sehari-harinya dapat melakukan perbuatan tidak disengaja, atau bahkan ada kesengajaan tindakan melanggar aturan netralitas ASN,” jelas Febi.

Dirinya juga mengingatkan, selama proses Pilkada Kendal 2024 yang sebentar lagi akan digelar, seluruh ASN tetap menahan diri, dan tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dinilai melanggar aturan.

“Menahan diri untuk tidak melakukan pelanggaran etik maupun disiplin, yang akan berdampak kepada kita dengan adanya sanksi. Karena pada akhirnya, akan berdampak juga terhadap karir kita, serta status kita lainnya,” tandas Febi. (HS-06)

 

Pendaftaran Panwaslu Desa/Kelurahan, Bawaslu Kendal Perhatikan 30 Persen Keterpenuhan Perempuan

Peserta Fun Run Lari Antar Geng Hotel Dafam Diminati Banyak Komunitas Lari