in

Jelang Pemilihan Ketua PWI Kendal, Perwakilan PWI Jateng Berikan Pemahaman Tentang Tata Cara

Pengurus PWI Jateng memaparkan tata cara pelaksanaan Konfercab kepada pengurus dan anggota PWI Kendal, Senin (9/8/2021).

 

HALO KENDAL – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kendal mengadakan acara Pra Konferensi Cabang (Konfercab), di Aula Gedung Wanita Kabupaten Kendal, Senin (9/8/2021).

Acara diisi dengan pembicara dari perwakilan PWI Provinsi Jawa Tengah, di antaranya Sekretaris PWI Jateng, Setiawan Hendra Kelana, Ketua Bidang Organisasi, Isdiyanto Isman, dan seksi bidang organisasi, Sunarto.

Dalam sambutannya, Setiawan Hendra Kelana mengatakan, keanggotaan PWI Biasa adalah keanggotaan yang dikeluarkan oleh PWI Pusat. Sedangkan kartu anggota PWI yang dikeluarkan oleh PWI Provinsi Jateng, adalah kartu PWI Muda.

“Dalam aturan, kartu anggota PWI dari provinsi yang sudah mati, tidak bisa diperpanjang. Jadi anggota harus memperbaharui, dengan syarat mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW),” terang Iwan, sapaan akrabnya.

Selanjutnya, dirinya menjelaskan, apabila lulus dari UKW yang dilaksanakan PWI, secara otomatis yang bersangkutan sudah terdaftar sebagai anggota PWI di pusat.

“Ya kalau sudah lulus, yang bersangkutan sudah terdaftar di PWI pusat. Namun untuk keluarnya kartu PWI Biasa, mengikuti mekanisme aturan yang berlaku,” jelas Iwan.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi, Isdiyanto Isman memaparkan, status kepengurusan PWI di daerah bisa berubah-ubah, sesuai dengan kebutuhan daerah.

“Namun dalam mekanismenya, semua harus sesuai dengan PD-PRT (Peraturan Dasar, Peraturan Rumah Tangga) PWI yang ada,” tandas Isdiyanto.

Dijelaskan, anggota PWI muda usianya hanya dua tahun dan itu yang mengeluarkan PWI Provinsi Jawa Tengah saja.

“Kemudian anggota muda bisa mengurus kartu PWI biasa, dengan melengkapi persyaratan yang sudah diatur di kantor PWI Jawa Tengah,” imbuhnya.

Dijelaskan, saat ini di Kendal dari 25 anggota PWI hanya ada lima anggota yang memiliki kartu PWI biasa.

“Sesuai dengan aturan PDRT, yang bisa mengajukan konfercab, minimal harus ada tiga orang anggota PWI biasa,” kata Isdiyanto.

Menurutnya dengan adanya lima anggota PWI biasa ini, PWI Kendal bisa mengadakan Konfercab, untuk memilih ketua PWI baru di Kabupaten Kendal.

“Hanya lima anggota biasa itulah yang mempunyai hak memilih dan dipilih. Sedangkan untuk hak anggota muda hanya bisa menyampaikan pendapat, kritik dan masukan saja,” pungkas Isdianto.(HS)

Share This

Penurunan Muka Tanah di Semarang Kian Mengkhawatirkan

Jateng Belum Jadikan Sertifikat Vaksin Syarat Bepergian, Begini Alasannya