in

Jelang Lebaran Toko Emas di Kendal Dibanjiri Pembeli

Owner toko emas Pusaka, Mastur Darori, saat ditemui para pewarta di toko emasnya di Sukorejo, Kendal.

HALO KENDAL – Sehari menjelang Lebaran 1443 Hijriah, toko perhiasan emas di Kabupaten Kendal sudah mulai diserbu masyarakat.

Seperti yang terpantau di Toko Emas Pusaka, Keris Emas, dan Temonggo, Minggu (1/5/2022). Toko-toko emas tersebut dipadati oleh kaum wanita untuk berbelanja emas-emasan, menjual, atau menukar perhiasannya.

Pemilik toko emas Pusaka, Haji Mastur Darori mengatakan, sudah sejak sepekan terakhir ini, pembeli emas di tokonya mengalam peningkatan.

“Selain mendekati Lebaran juga banyak masyarakat yang pulang dari rantau atau luar negeri sehingga banyak pembeli,” ujarnya, Minggu (1/5/2022).

Dikatakan, sebelum bulan puasa banyak warga yang menjual emas atau menukarnya dengan ukuran gram yang lebih kecil. “Mungkin uangnya untuk kebutuhan sehari-hari. Tapi secara umum tiap jelang Lebaran pasti mengalami kenaikan penjualan,” imbuh salah satu tokoh masyarakat Kendal tersebut.

Mastur menjelaskan, untuk harga emas batangan harganya mengalami fluktuasi. Hari ini mencapai Rp 885 ribu per gramnya, sedangkan sehari sebelumnya Rp 879 ribu per gram. Artinya ada kenaikan sekitar enam ribu per gramnya. Sedangkan untuk emas tua, harga masih stabil di angka Rp 750 ribu per gram.

“Untuk emas muda hari ini Rp 350 ribu per gram, sebelumnya Rp 325 ribu per gram, ada kenaikan harga,” jelas Mastur.

Salah seorang pelanggan emas, Ida mengatakan, dirinya memang sudah biasa membeli perhiasan sebelum Lebaran tiba di Toko Emas Pusaka Sukorejo. Menurutnya sebagai seorang wanita, dirinya perlu memperindah diri dengan menggunakan perhiasan di hari Lebaran nanti.

“Ya emas di Toko Pusaka sudah dikenal masyarakat. Saya membeli emas untuk perhiasan Lebaran,” ujar Ida.

Pembeli emas lain, Siti mengatakan, ia membeli satu set ada gelang, cincin dan kalung untuk Lebaran. Selain itu juga untuk simpanan, sebab kalau disimpan uang biasanya cepat habis.

“Kalau dibelikan emas selain bisa mempercantik diri juga bisa jadi tabungan,” ungkapnya.(HS)

Tak Gelar Open House, Wali Kota Semarang Akan Lakukan Halal Bi Halal dengan Warga Usai Tunaikan Salat Id di Balai Kota

Cek Situasi Mudik di Rest Area, Ganjar: Alhamdulillah Wajahnya Mrenges, Kita Bahagia