Jelang Imlek, Umat Buddha Gelar Donor Darah

Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) dan Majelis Agama Buddha Mahayana Tanah Suci Indonesia, menjadi donor darah di Vihara Avalokitesvara, Jakarta Barat, dalam rangka menyambut Imlek 2021 (Foto Kemenag.go.id)

 

HALO SEMARANG – Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) dan Majelis Agama Buddha Mahayana Tanah Suci Indonesia (Majabumi TS), menggelar donor darah.

Program ini yang digelar di Vihara Avalokitesvara, Jakarta Barat ini, sekaligus dalam rangka menyambut Imlek 2021.

Hadir dalam kegiatan itu Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Supriyadi, Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta Arief Rachman, Danramil 01/Tamansari, Kodim 0503/Jakarta Barat Mayor Inf Zulkarnaen Galib, tokoh Agama Buddha, tokoh masyarakat, serta umat Buddha DKI Jakarta.

“Donor darah adalah sangat penting. Kita memahami tata kelola donor darah di Indonesia, menjadi tugas dan tanggung jawab PMI secara berjenjang, dari pusat, provinsi, hingga kabupaten dan Kota,” ungkap Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha, Supriyadi, di Jakarta, Minggu (31/01), seperti dirilis Kemenag.go.id.

Hal tersebut guna membantu sesama dan menopang kehidupan manusia. “Manakala stok darah menipis, akan mengancam dan mempengaruhi kehidupan orang yang membutuhkan. Karena itu kami menyampaikan apresiasi sangat tinggi, kepada PMI dan Vihara Avalokitesvara, yang terus menerus sejak 1983, menyelenggarakan donor darah kepada seluruh masyarakat,” tuturnya.

Dia juga mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk semangat untuk berbagi, mengabdi, dan untuk melangsungkan kehidupan manusia, sesuai Kitab Dhammapada.

“Karena itu, donor darah itu tidak akan berhenti,” lanjutnya.

Sementara itu YM Dr (HC) Maha Bhiksu Dutavira Sthavira, dari Majabumi TS menyampaikan donor darah telah rutin dilakukan.

“Kami di Majelis Agama Buddha Mahayana Tanah Suci Indonesia, di Vihara Avalokitesvara, rutin mengadakan kegiatan donor darah, minimal dalam setahun empat kali. Hal ini merupakan salah satu bentuk kami umat Buddha, turut berdana bagi kebaikan semua makhluk,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan kegiatan ini diadakan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. “Kita harus taat dengan akal sehat yang diajarkan Buddha, menjalankan protokol kesehatan. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat membawa berkah bagi semua,” tutupnya.

Ungkapan terima kasih disampaikan pula oleh Sekretaris PMI DKI Jakarta, Arief Rachman kepada segenap pengurus.

“PMI DKI Jakarta tentunya mengapresiasi kegiatan dari lintas kelompok masyarakat yang berbondong-bondong mengadakan kegiatan donor darah termasuk Walubi DKI Jakarta dan Majabumi TS ini. Apalagi, saat ini kami harus menyiapkan 1.000 kantong darah setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Arief Rachman. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.