in

Jelang HUT RI KE-77, Pemkot Semarang Gandeng Udinus Gelar Vaksinasi

Pemkot Semarang dan Udinus Semarang menggelar sentra vaksinasi dalam rangka menjelang HUT RI ke-77 di halaman gedung E Udinus, Rabu (27/7/2022).

HALO SEMARANG – Dalam rangka menjelang atau menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menggelar sentra vaksinasi untuk masyarakat umum.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Semarang. Mengingat Udinus Semarang ini sudah mengadakan program vaksinasi selama empat kali berturut-turut.

Vaksinasi akan dilakukan pada bulan Juli dan Agustus. Untuk di bulan Juli diadakan tanggal 21 dan 28 Juli 2022 sedangkan pada bulan Agustus 2022 pada tanggal 4 dan 11 mendatang. Lokasi vaksinasi dilaksanakan di halaman gedung E Udinus. Kegiatan vaksinasi Covid-19 diperuntukkan bagi sivitas akademika Udinus dan masyarakat umum, akan dimulai pada pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB.

Koordinator Sentra Vaksinasi Udinus Semarang, Mohamad Sidiq mengatakan kegiatan vaksinasi ini masuk dalam program ‘Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu-PTM) dan Vaksin Covid Go To Campus’.

Ia menambahkan bahwa Udinus telah siap untuk membantu Pemkot Semarang dalam menyediakan lokasi percepatan vaksin di Kota Semarang. Sarana dan prasarana telah siapkan untuk mendukung kenyamanan bagi peserta.

Pihaknya juga telah menerapkan protokol kesehatan serta alur vaksinasi agar pada saat kegiatan berlangsung tetap kondusif dan tidak ada kerumunan yang terjadi.

Ia mengaku agenda ini nantinya melibatkan berbagai relawan untuk membantu jalannya proses vaksinasi yang digelar di Udinus. Selain itu, Udinus juga melibatkan Puskesmas Poncol dalam kegiatan vaksinasi kali ini.

“Kami siap membantu Pemerintah Kota Semarang dalam mendukung percepatan vaksinasi, terutama pemberian vaksin booster bagi yang sudah lengkap vaksin 2. Kami libatkan relawan baik mahasiswa, dosen dan karyawan, mereka semua telah kami data sebelumnya,” ujarnya seperti keterangan tertulis yang diterima Rabu (27/7/2022).

Sidiq mengungkapkan, Udinus menjadi salah satu dari 10 dari Perguruan Tinggi (PT) ditunjuk oleh Pemkot Semarang untuk menjadi lokasi sentra vaksinasi. Ia pun berharap vaksinasi yang ke 4 kali nantinya dapat berjalan lancar dan tanpa adanya kendala.

“Ini sebuah apresiasi bagi kami ditunjuk kembali sebagai lokasi vaksinasi di Kota Semarang. Kami dukung secara penuh percepatan vaksinasi Pemkot Semarang dan sekaligus memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Poliklinik Udinus, dr. Anggoro Dhana Octavian menambahkan pada percepatan vaksinasi kali ini, masyarakat dapat melakukan vaksinasi dosis 1, dosis 2 hingga booster. Syarat untuk mengikuti vaksinasi yaitu hanya menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Peserta yang mengikuti vaksinasi hari ini tertib dan tentunya berjalan aman. Kami harap mahasiswa maupun masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan melakukan vaksinasi di Udinus. Masyarakat umum dapat datang langsung dengan menunjukkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP),” ucapnya.

Selain vaksinasi, tersedia pula pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat usia di bawah 15 tahun. Antara lain, pemeriksaan fisik, pemeriksaan gula darah dengan kuota 50 orang, dan konsultasi kesehatan. Pemeriksaan itu dapat dilakukan di Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (PTM) sentra vaksinasi Udinus. (HS-06)

Termotivasi dan Masih Haus Prestasi

Brakk, Truk Pengangkut Semen Hantam Rumah di Cepiring Kendal