in

Jelang HKN, Dinkes Batang Bersama 16 Organisasi Profesi Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis

Pelayanan kesehatan gratis, yang digelar Dinkes Batang berkolaborasi dengan 16 organisasi profesi, di Alun-alun Batang, Minggu (5/11/2023). (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Dinas Kesehatan Batang, bekerja sama dengan 16 organisasi profesi, menggelar pelayanan kesehatan gratis di Alun-alun Batang, Minggu (5/11/2023).

Kegiatan bertajuk Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) On Car Free Day itu, digelar untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tingkat Kabupaten Batang,

Sekretaris Dinkes Batang, Ida Susilaksmi, di Alun-alun Batang, Minggu (5/11/2023) mengatakan terdapat sejumlah organisasi profesi yang berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Batang untuk menyelenggarakan kegiatan.

Beberapa di antaranya adalah IDI, PPNI, IAKMI, HAKLI, IAI, PAFI, IFI, IBI, PDGI, Pormiki, Persagi, Patekki, PTGMI, PPKMI, PARI dan IPAI.

“Pelayanan yang diberikan  sesuai dengan kewenangan dan kemampuan  profesi mereka masing-masing. Mulai dari pemeriksaan kesehatan, screening kesehatan, pemeriksaan laboratorium,” kata Ida Susilaksmi, seperti dirilis batangkab.go.id.

Kegiatan di Germas On Car Free Day, paramedis juga memberikan pelayanan cek gula darah, asam urat dan kelesterol, konsultasi obat, konsultasi dokter dan juga ada screening gangguan keseimbangan, seperti vertigo.

“16 organisasi profesi, Alhamdulillah hari ini berkolaborasi menggelar pelayanan dan pengabdian masyarakat dalam rangka menjelang HKN,” jelasnya.

Ida Susilaksmi menyebutkan, bahwa animo masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan gratis ini cukup tinggi.

Dibuktikan dari 100 buah alat cek kolestrol, asam urat dan 200 alat cek gula darah dalam waktu kurang dari dua jam sudah habis.

“Untuk efisien waktu pelayan tidak harus urut, tidak harus dari laborat dulu, tapi mana yang kosong bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Dari hasil screening penyakit tidak menular, banyak ditemukan kolestrol tinggi, gula darah tinggi, asam urat dan hipertensi.

“Dari hasil yang ada kecenderungan saat ini penyakit tidak menular memang meningkat. Maka upaya screening kesehatan ini sebagai upaya mengedukasi. Memberikan pemeriksaan awal yang harapannya bisa melakukan pencegahan sedini mungkin pada orang – orang yang berisiko terhadap penyakit tidak menular,” terangnya.

 

Sementara itu, Murdiono (50) warga Kauman Batang mengakui terbantu dengan pelayan kesehatan gratis melalui program Germas On Car Free Day.

“Di kegiatan ini kita bisa cek kolesterol, gula darah asam urat dan tekanan darah secara gratis. Ini lebih pada langkah upaya pencegahan ketika kita tahu salah satu ada yang mengalami kenaikan diatas normal,” ujar dia. (HS-08)

Sempat Lari, Delapan Penjudi di Surakarta Ditangkap Tim Sparta Polresta Surakarta

PSIS Lepas M Sabillah