in ,

Jateng Peroleh Juara Umum pada Festival dan Gebyar PAI Tingkat Nasional Tahun 2022

Kontingen Jawa Tengah yang berhasil membawa Jateng menjadi juara umum pada Festival PAI SMA dan SMK dan Gebyar PAI Tingkat Nasional Tahun 2022.

HALO SEMARANG – Kontingen Jawa Tengah (Jateng) menjadi juara umum pada Festival PAI SMA dan SMK dan Gebyar PAI Tingkat Nasional Tahun 2022. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang Selatan berlangsung pada 25 – 27 Oktober 2022.

Kegiatan ini bertujuan menguatkan pemahaman dan literasi moderasi beragama pada para pelajar dan tenaga pendidik di sekolah.

Festival dan Gebyar PAI tahun ini merupakan gabungan dua acara sekaligus. Festival PAI diselenggarakan dengan target siswa SMA dan SMK, sedangkan Gebyar PAI pada dasarnya adalah ajang kreativitas bagi para peserta didik dan guru yang mengajar PAI PAUD/TK.

Kakanwil Kemenag Provinsi Jateng, Musta’in Ahmad mengapresiasi atas capaian yang telah di peroleh oleh Jawa Tengah.

“Tahun ini alhamdulilah kontingen Jateng berturut-turut menorehkan prestasi di kancah nasional. Kini kontingen Jateng yang mengikuti Festival PAI dan Gebyar PAI raih juara umum, ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan bukti bahwa Jateng memang hebat. Semua ini juga tak lepas berkat doa dan dukungan dari sedulur majeng, saya ucapakan terima kasih untuk semuanya,” tutur Musta’in, Rabu (26/10).

Selain menggelar berbagai kegiatan yang bersifat kompetisi, Festival dan Gebyar PAI Tahun 2022 juga menyelenggarakan ekshibisi penampilan para siswa pada dari berbagai jenjang pendidikan, pelatihan MTQ oleh qari juara internasional, dan display karya ilmiah para Guru PAI. Karya ilmiah tersebut berupa showcase 45 Jurnal Ilmiah PAI yang penyusunan dan penerbitannya didorong dan difasilitasi oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam.

Dengan mengusung pendekatan Islam Cerdas, Islam Inovatif, dan Islam Berdaya, konsep lomba Festival PAI Tahun 2022 bagi siswa SMA dan SMK diwujudkan dalam bentuk lomba Islamic Trending Issues Debate Competition, Islamic Content Creator Challenge on Social Media, dan Moderasi Beragama Innovation Project.

Sedangkan kategori lomba yang diadakan pada Gebyar PAI TK Tahun 2022 adalah Lomba Karya Inovasi Pembelajaran PAI di TK dan Lomba Cipta Lagu Moderasi Beragama (bagi guru Taman Kanak-Kanak), serta Dai Cilik (putra/putri), dan Hafalan Surat Pendek (putra/putri) bagi siswa PAUD/TK.

Selain itu, Kabid PAI Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, Imam Buchori menyampaikan bahwa para peserta sebelumnya telah melakukan berbagai tahap dan berharap event tersebut dapat menguatkan jalinan kerukunan antar sesama.

“Para peserta telah melakukan pendaftaran yang dibuka sejak 1 September 2022 dan selanjutnya dilakukan proses seleksi dan babak penyisihan yang digelar secara daring dan luring hingga Puncak Festival dan Gebyar PAI Tahun 2022 pada 26 Oktober 2022. Dengan adanya event ini diharapkan para peserta dapat menguatkan dan mengimplentasikan moderasi agama baik dilingkungan sekolah maupun di masyarakat,” pesan Imam.

Adapun perolehan prestasi yang dicapai yaitu Lomba Content Media Sosial diraih oleh Elva Angie Calista siswa SMA 2 Purwokerto Banyumas sebagai Juara I, peringkat dua diraih oleh Sultan Sasangka Jati siswa SMA Al Azhar 7 Solo Baru Sukoharjo peringkat dua, harapan III didapatkan Yuli Astuti siswa SMK Wijayakusuma Jatiwalang Banyumas.

Untuk Lomba Proyek Inovasi Moderasi Beragama diraih oleh tim dari SMA Pradita Dirgantara Boyolali sebagai peringkat dua. Adapun Lomba Debat Isu Islam Kontemporer didapat tim siswa SMAN 1 Kudus meraih harapan II.

Sedangkan Lomba Cipta Lagu Moderasi Beragama PAI Siswa TK Guru PAI TK Al Azhar 16 Cilacap sebagai peringkat III – (Isya Setyaningsih) dan Lomba Inovasi Pembelajaran PAI TK diraih oleh – Zulimah Guru PAI TK ABA Kertek Wonosobo sebagai peringkat III. (HS)

Polda Jateng Siapkan 5 Drone ETLE untuk Tilang Pelanggar Lalu Lintas

Pemkab Grobogan Bakal Petakan Talenta ASN