in

Jateng Kuatkan Cabor Eksebisi Untuk PON Papua

Plt Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Bona Ventura Sulistyana.

 

HALO SEMARANG – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tinggal menghitung hari. Persiapan demi berlaga di ajang olahraga bergengsi nasional tersebut telah dilakukan oleh seluruh kontingen di Indonesia, tak terkecuali Jawa Tengah.

Pembibitan, penempaan, hingga di pusat pelatihan daerah (Pelatda) adalah rangkaian persiapan yang telah terlewati. Tinggal upaya pemantapan bagi setiap atlet di cabang olahraga (cabor) yang dilombakan.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Bona Ventura Sulistyana menyatakan, seluruh kontingen, baik atlet dan ofisial siap mengikuti kompetisi olahraga empat tahunan itu.

“Sudah siap sekitar 90 persen lebih. Tinggal pemantapan, cek dan ricek, memperkirakan kendala apa yang masih muncul,” kata Bona kepada halosemarang.id, Senin (20/9/2021).

Kendati demikian, ia tengah melakukan beberapa strategi untuk menyikapi jika ada kendala-kendala yang akan terjadi. Terlebih, ia menyebut cabor baru yang menjadi sorotan perlu dieratkan.

“Ini yang harus dikuatkan semua cabang olahraga, terkhusus pada sepuluh cabor yang eksibisi,” katanya.

Bona melanjutkan, dengan penguatan di cabor eksibisi akan menjadi fondasi dan mudah menyesuaikan untuk mengikuti PON selanjutnya. Penguatan tersebut mengacu pada sarana prasarana bagi pengembangan atlet.

“Segera mengembangkan talenta calon atlet ataupun atlet dengan menyediakan fasilitas,” imbuhnya.

Ia mengatakan, dari fasilitas yang tersedia terdapat kunci dalam menjaring calon atlet, hingga menjadi seorang atlet berprestasi. Baginya sebuah kebiasaan menjadi kebudayaan berolahraga merupakan langkah yang perlu digarisbawahi.

“Kita kembali membudayakan olahraga, memasyarakatkan olahraga dan olahraga masyarakat. Dengan itu nanti akan ditemukan calon-calon atlet. Tanpa itu, tak akan mungkin ditemukan, bahkan mengenal pun tidak,” ucapnya.

Sebagai informasi, cabang olahraga eksibisi yang turut memeriahkan PON XX di Bumi Cenderawasih yaitu kick boxing, sambo, kurash, triathlon, kabaddi, ju-jitsu, hapkido, para-motor, E-sports, dan modern pentathlon.(HS)

Share This

Tak Ada Tilang, Polrestabes Semarang Pastikan Sesuai Amanah Operasi Patuh Candi

964 Warga Ikuti Vaksinasi Massal Merdeka Candi Polres Pati