in

Jasa Marga Catat 298 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Gerbang Tol Cikampek Utama. (Foto : bumn.go.id)

 

HALO SEMARANG – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 298.370 kendaraan, meninggalkan wilayah Jabotabek.

Menurut indirmasi dari Jasa Marga, melalui bumn.go.id, angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin), dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, Kamis-Jumat (28-29 Maret 2024), di GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini meningkat 5,25% jika dibandingkan lalin normal.

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah. Yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini meningkat 5,25% jika dibandingkan lalin normal.

Yaitu dengan mayoritas sebanyak 129.706 kendaraan (43,47%) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 97.131 kendaraan (32,55%).

Kemudian menuju arah Barat (Merak), dan 71.533 kendaraan (23,97%) menuju arah Selatan (Puncak).

Adapun rincian distribusi lalin sebagai berikut:

Arah Timur (Trans Jawa dan Bandung)

Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 60.370 kendaraan, meningkat sebesar 10,02% dari lalin normal.

Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 69.366 kendaraan, meningkat sebesar 7,40% dari lalin normal.

Total lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 129.706 kendaraan, meningkat sebesar 8,60% dari lalin normal.

Arah Barat (Merak)

Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 97.131 kendaraan, meningkat sebesar 3,10% dari lalin normal.

Arah Selatan (Puncak)

Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 71.533 kendaraan, meningkat sebesar 2,41% dari lalin normal.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas jalan tol dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android. (HS-08)

Kemendikbudristek Didesak Bentuk Satgas Perlindungan Korban TPPO Berkedok Magang Mahasiswa ke Jerman

Gelar Program Berbagi, Jasa Marga Salurkan 6.000 Paket Sembako dan 4.000 Takjil