in

Januari – Mei 2021, Polisi Deteksi 3,6 Ton Sabu-sabu Masuk ke Indonesia

Polda Metro Jaya menggelar barang bukti berupa ribuan kilogram sabu-sabu, dalam keterangan pers, Senin (14/6). (Foto : Tribratanews.polri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Selama Januari sampai Mei 2021, Satuan Tugas (Satgas) Narkotika Polda Metro Jaya, mendeteksi 3,6 ton atau sekitar 3.600 kilogram narkoba jenis sabu-sabu, yang berasal dari sejumlah negara di Asia dan Afrika ke Indonesia.

Dirnarkoba Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mukti Juharsa, menjelaskan bahwa dari data yang didapat, sampai April 2021, Polri telah mengungkap kasus narkoba jaringan internasional dari Timur Tengah sebanyak 2,5 ton sabu-sabu.

Khusus Tim Satgas Narkoba Polda Metro Jaya, yang hanya dalam kurun waktu 22 hari di bulan berikutnya, telah berhasil mengungkap narkoba jaringan internasional dari Timur Tengah (Iran) dan Afrika (Nigeria), dengan total 1,129 ton sabu-sabu.

Sehingga dapat disimpulkan total sampai Mei 2021, lebih kurang 3,6 ton sabu-sabu masuk ke Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia dibanjiri narkoba pada masa pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, jajaran Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus narkoba antarnegara, dan menyita 1,1 ton atau 1.100 kilogram sabu-sabu, serta menangkap enam orang tersangka, dua di antaranya merupakan WNA Nigeria.

Keenam pelaku yang ditangkap, adalah NR alias D alias I, HA alias A alias O, NW alias DD, CSN alias ES (WNA Nigeria), UCN alias EM (WNA Nigeria), dan A. Selain mereka, polisi juga masih memburu H alias NE.

Keenam tersangka ini ditangkap dari tempat berbeda. NR alias D dan HA alias A di Gunung Sindur, Bogor dengan barang bukti 393 kilogram sabu-sabu.

Polisi juga menangkap NW alias DD, CSN alias ES dan UCN alias EM di Ruko Pasar Modern Bekasi Town Square, Bekasi Timur, Kota Bekasi, dengan barang bukti 511 kilogram sabu-sabu.

Adapun di Apartemen Basura Jakarta Timur, polisi menangkap tersangka AK, dengan barang bukti 50 kilogram.

Sedangkan di Apartemen Green Pramuka Cempaka Putih, Jakarta Pusat, polisi menyita 175 kilogram sabu-sabu. Polisi kemudian memasukkan H alias Ne, yang diduga pemilik barang tersebut, ke dalam daftar pencarian orang. (HS-08)

Share This

Kendalikan Covid-19, Untuk Sementara Salatiga Stop Kunjungan Kerja

Kapolda Jateng Berikan Arahan Terkait Penanganan Covid-19 Kepada Forkopimda Demak