in

Jamu Coro Minuman Khas Demak, Warisan Tradisi dan Masuk Nominasi API

Seorang pembeli menikmati wedang jamu coro, minuman khas Kabupaten Demak. (Foto : Demakkab.go.id)

 

HALO DEMAK – Bagi warga yang sudah lama tinggal di Kabupaten Demak, jamu coro tentu sudah tak asing lagi.  Wedang atau yang lebih mirip bubur ini, konon sudah ada sejak zaman kasultanan Bintoro. Pada masa itu, jamu ini selalu menjadi bagian sajian, dalam pertemuan atau acara keraton Demak Bintoro.

Sebagai bagian dari tradisi, jamu coro ini masih dilestarikan oleh masyarakat. Sajian berbahan dasar tepung, yang dipadukan dengan rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, serai,santan kelapa, gula merah ini, memiliki rasa sedikit pedas, manis, dan menyegarkan badan.

Wedang jamu coro banyak dijajakan pedagang keliling di kampung-kampung pada pagi hari. Penjual, biasanya membawa wadah khas berupa kendil dari tanah liat, dan ditutup dengan kain yang terbungkus plastik. Untuk mengambil minuman ini dari dalam kendil, biasanya menggunakan potongan bambu kecil yang di bergagang kayu.

Salah satu pedagang keliling wedang jamu coro, Mila mengatakan jamu coro harus disimpan di kendil dan ditutup kain serta plastik, agar tetap hangat.  “Ditaruh dikendil dan ditutup rapat agar bertahan hangatnya karena ini ilmu warisan nenek moyang. Meskispun era saat ini juga ada yang ditempatkan di panci,” kata Mila, Kamis (1/7), seperti dirilis Demakkab.go.id.

Nominasi API

Tahun 2021 ini Anugerah Pesona Indonesia( API) telah mencatat wedang jamu coro sebagai salah satu nominasi dalam kategori minuman tradisional daerah dan kategori destinasi belanja berupa produk Rebana.

“Alhamdulilah wedang jamu coro masuk nominasi pada minuman tradisional pada Anugerah pesona Indonesia di tahun ini. Masuknya potensi  daerah ini dalam ajang API dan menjadi terbaik membutuhkan dukungan seluruh pihak baik pemkab maupun masyarakat” Jelas Agus Kriyanto Ka dinas Pariwisata kabupaten Demak.

Sebagai informasi dukungan masyarakat dapat diberikan melalui voting online pada akun resmi API di @apiaward. Dukungan bisa diberikan pada dua nominasi minuman tradisional dan destinasi belanja. (HS-08)

Share This

Unggulkan McGregor untuk Duel Jangka Pendek

Belasan Atlet Blora Akan Ikuti PON 2021 di Papua