Jamin Keamanan Objek Vital, Polda Jateng MoU Dengan PT SBI Tbk Cilacap

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfi saat menandatangani nota kesepahaman dengan PT SBI Tbk Cilacap, Rabu (18/11/2020).

 

HALO SEMARANG – Polda Jateng melakukan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT SBI Tbk, tentang bantuan penyelenggaraan pengamanan aset dan penegakan hukum di lingkungan kerja PT SBI Tbk Cilacap dan Pedoman Kerja Teknis  (PKT) PT SBI Tbk.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfi menyatakan kerja sama itu merupakan implementasi Keputusan Presiden No 63 Tahun 2004 tentang Pengamanan Objek Vital Nasional.

Menurutnya, PT SBI Tbk di Cilacap sebagai objek vital yang keberadaanya memiliki nilai strategis, dan berpengaruh bagi hajat hidup orang banyak. Serta  memiliki kontribusi bagi pendapatan negara.

“Ini sebagai bukti kesungguhan perusahaan dalam upaya menjaga kondusifitas kamtibmas di pabrik dan sekitarnya lebih terintegritas,”ujar Kapolda Jateng usai melakukan penandatangan  Mou di PT SBI Tbk Cilacap, Rabu (18/11/2020).

Ahmad Lutfi menambahkan, bantuan pengamanan sangat penting bagi obyek vital, mengingat situasi ke depan masih tak menentu.

“Selanjutnya dituangkan dalam bentuk MoU dan Perjanjian Kerja Teknis antara PT SBI Tbk dengan Polda Jateng,” tuturnya.

Sebagaimana telah diatur dalam peraturan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri No 1 Tahun 2019 tentang Prosedur Pemberian Jasa Pengamanan dan Sistem Manajemen Pengamanan Pada Objek Vital Nasional dan Objek Tertentu, agar tergambar jelas apa saja yang menjadi kewajiban perusahaan dan Polri sesuai tanggung jawab masing-masing instansi.

“MoU ini diharapkan dapat membuat situasi kamtibas di perusahaan dan di lingkungan sekitar lebih kondusif. Sehingga Polri dalam hal ini Polres Cilacap sebagai pelaksana utama dapat menjalankan kewajibanya sebagaimana tertuang dalam MoU,” paparnya.

Tak hanya itu, lanjut Kapolda, pemeliharaan kamtibmas ini juga harus mengedepankan tindakan preventif, sehingga penegakan hukum merupakan alternatif terakhir jika tidak ada upaya lain.

“Masyarakat akan kami bina sebagai mitra, sehingga merasa memiliki dan mendapat manfaat dari keberadaan perusahaan di lingkunganya,” tuturnya.

Ahmad Lutfi menambahkan, Polda Jateng akan terus bangun sinergi kinerja antara perusahaan, pemerintah, TNI/Polri dan masyarakat dalam upaya penanganan kamtibmas maupun masalah-masalah sosial lainya terutama dalam penanganana Covid-19.

“Kita bahu membahu dengan berbagai terobosan agar Covid-19 tidak lagi menyebar, harapan kita Covid-19 bisa segera musnah dari Bumi Indonesia,” katanya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.