in

Jamin Hak Suara Pemilih, KPU Kota Semarang Minta Warga Aktif untuk Dicoklit

Plt Ketua KPU Kota Semarang, Ahmad Zaini, diwawancarai awak media, baru-baru ini.

HALO SEMARANG – Guna menjamin hak pilihnya di pesta demokrasi pada November mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang berharap masyarakat bisa aktif berpartisipasi untuk pendataan atau dicoklit yang dilakukan oleh petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih).

Plt Ketua KPU Kota Semarang, Ahmad Zaini mengatakan, bahwa tahapan pencoklitan data pemilih untuk gelaran Pilwalkot Semarang 2024 telah dimulai sejak 24 Juni dan masih berlangsung sampai 24 Juli 2024.

“Saat bertugas, memang ada petugas pemuktahiran data pemilih (Pantarlih-red) yang sempat mendapatkan penolakan kecil dari masyarakat, seperti di Kedaton yang menolak petugas untuk dicoklit, namun setelah didampingi oleh Babinsa dan pemangku wilayah setempat, akhirnya bisa masuk untuk melakukan pendataan. Mungkin karena masih kurangnya edukasi ke masyarakat, kami juga sudah minta dukungan dari lurah, camat untuk membantu sosialisasikan, dan saat bertugas itu pun kita sudah lengkapi dengan memakai atribut resmi, tanda pengenal dan dibekali surat ijin,” katanya, Rabu (10/7/2024).

Dikatakan Zaini, harapannya setelah tahapan coklit selesai, nanti warga Kota Semarang bisa memilih dengan nyaman saat di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Selain mendata jumlah pemilih yang punya hak untuk menyalurkan suaranya dalam Pilwalkot pada November mendatang, sekaligus untuk memfasilitasi bagi pemilih disabilitas yang membutuhkan asistensi sesuai dengan kebutuhan masing-masing saat di TPS. Misalnya yang membutuhkan template braille, dan fasilitas lainnya guna menjamin aksesibilitas di setiap TPS,” imbuhnya.

“Dan bagi masyarakat yang ingin mengetahui hak pilihnya sudah masuk atau belum bisa membuka kanal web di https://cekdptonline.kpu.go.id/ dengan memasukkan 16 digit Nomor Induk Kependudukan (NIK) masing-masing. Atau bisa berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan-kelurahan atau kecamatan serta bisa mengunjungi langsung kantor KPU Kota Semarang yang beralamat di Jalan Dr Cipto, Nomor 115,” katanya.

Selanjutnya, Zaini menambahkan, untuk pemetaan TPS di Pilkada Kota Semarang tahun 2024, terdapat 2.354 TPS.

“Di satu TPS maksimal nanti digunakan untuk 600 pemilih. Sedangkan jumlah Petugas Pemutakhiran Data Pemilih yang melakukan pendataan berjumlah 4.673 personel,” pungkasnya. (HS-06)

 

Cegah Kejahatan Jalanan, Sat Samapta Polres Grobogan Gelar Patroli Hingga Subuh

Berikan Kontribusi Carbon Offset 3,2 Juta Kilogram, Bukti Nyata Generali Indonesia pada Keberlanjutan