in

Jam Malam Mulai Diberlakukan di Pemalang

Sekda Kabupaten Pemalang M Arifin. (Foto : Pemalangkab.go.id)

 

HALO PEMALANG – Satgas penanggulangan Covid-19 Kabupaten Pemalang, Kamis (1/7) kembali memberlakukan kembali jam malam, untuk meredam lonjakan kasus Covid-19.

Kebijakan serupa, sebelumnya sudah pernah dilaksanakan pada 27 Mei hingga 9 Juni 2020 lalu. Dalam rentang waktu tersebut, masyarakat dilarang beraktivitas di luar rumah, mulai pukul 21.00 hingga 04.00.

Sekda Kabupaten Pemalang M Arifin, mengatakan bahwa lonjakan angka kasus Covid-19 di Kabupaten Pemalang sangat luar biasa. Bahkan hingga kemarin, Kabupaten penghasilan nanas madu tersebut, masih dinyatakan masuk zona merah.

Untuk itulah diperlukan terobosan dan tindakan nyata yang luar biasa, dari satgas penanggulangan Covid-19 Kabupaten Pemalang, sebagai upaya menekan lonjakan angka kasus covid di wilayah Kabupaten Pemalang.

“Sudah disepakati oleh Pak Kapolres dan Pak Dandim, kami segera menyusun Perbup tentang pemberlakuan jam malam. Ini dimaksudkan agar kita langsung eksen di lapangan dan hal-hal yang belum tersampaikan kita turun langsung kita berikan edukasi pada masyarakat,” kata Arifin, seperti dirilis Pemalangkab.go.id.

Dia menegaskan, pemberlakuan jam malam tersebut akan disertai sanksi bagi pelanggar. Dia memberi contoh, jika ada pedagang yang berjualan melebihi batas waktu, maka akan diberi sanksi. Adapun bentuknya, akan dilakukan secara bertahap, mulai dari teguran lisan, teguran tertulis, hingga penutupan sementara.

Dia mengatakan kebijakan tersebut diambil Pemerintah, bukan untuk menutup rezeki warga, namun untuk menyelamatkan masyarakat dari bahaya Covid-19. Masyarakat diminta memahami, bahwa kelalaian beberapa orang dalam menerapkan protokol kesehatan, dapat menyebabkan kematian bagi orang lain.

“Nanti sebelumnya secara sporadis bersama-sama kecamatan dan desa, akan melakukan sosialisasi secara masif, sehingga masyarakat menyadari bahwa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 adalah kewajiban bersama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Itu yang paling penting,” kata Arifin. (HS-08)

Share This

Pemkot Pekalongan Berencana Bangun Toko Tani Indonesia Center

Yayasan Pengusaha Peduli NKRI Bersama Kodim 0703/Cilacap Bagikan Ratusan Paket Beras