in

Jalani Diklat, Karang Taruna Purbalingga Diminta Jaga NKRI dan Ideologi Pancasila

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, dalam Diklat Satgas Karang Taruna, di Bumi Perkemahan Munjulluhur, Sabtu (30/10). (Foto : Purbalinggakab.go.id)

 

HALO PURBALINGGA – Karang Taruna di Purbalingga, diharapkan bermanfaat untuk warga masyarakat, sekaligus menjadi contoh bagi generasi muda. Karang Taruna juga harus mampu bertindak sebagai agen perubahan dan ikut berkontribusi dalam pembangunan.

Harapan itu disampaikan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, dalam Diklat Satgas Karang Taruna, di Bumi Perkemahan  Munjulluhur, Sabtu (30/10).

Diklat diselenggarakan Sabtu-Minggu (30-31 Oktober 2021), diikuti 98 orang dari perwakilan 18 kecamatan se-kabupaten Purbalingga.

“Karang Taruna tidak hanya sebagai objek pembangunan. Para pemuda, generasi-generasi muda di dalamnya, bisa ikut sebagai subjek pembangunan.” kata Bupati Tiwi, seperti dirilis Purbalinggakab.go.id.

Bupati juga menyampaikan harapan, pelaksanaan diklat selama dua hari ini, mampu melahirkan dan mencetak kader-kader unggul, berkualitas dan mempunyai rasa nasionalisme tinggi.

Satgas Karang Taruna sebagai salah satu organisasi kepemudaan yang diakui di Indonesia, harus bisa menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjaga ideologi Pancasila.

“Karang Taruna merupakan aset bangsa, aset bagi Kabupaten Purbalingga. Harus bisa menjaga NKRI dan ideologi Pancasila.” tambahnya.

Diakui, selama ini Karang Taruna telah bersinergi , bermitra dengan pemerintah, sehingga kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Purbalingga dapat berjalan dengan lancar.

“Saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada ketua dan pengurus Karang Taruna dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat desa, yang selama ini telah ikut menjadi mitra pemerintah, dalam pembangunan di Kabupaten Purbalingga. Sehingga kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Purbalingga dapat berjalan lancar, tentunya berkat sengkuyung kader-kader Karang Taruna di Kabupaten Purbalingga.” kata Tiwi.

Pembina Fungsional Karang Taruna Purbalingga, Raditya Widayaka dalam laporannya mengatakan tujuan dari Diklat Satgas Karang Taruna ini, antara lain meningkatkan patriotisme dan meneguhkan nasionalisme, menuju NKRI yang kuat dan bermartabat, dengan memegang teguh 4 pilar kebangsaan; UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Di samping untuk menanamkan jiwa kepemimpinan dan semangat berjuang dalam mendukung tugas utama Karang Taruna. Instruktur Diklat Satgas berasal dari unsur TNI/KODIM 0702 Purbalingga.

Dijelaskan Radit, Karang Taruna Kabupaten Purbalingga telah melaksanakan berbagai kegiatan. Diantaranya pembinaan Karang Taruna Desa dan sosialisasi Permensos nomor 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna.

Kegiatan lainnya berupa peningkatan kapasitas pengurus Karang Taruna Kecamatan, pelatihan marketing bagi disabilitas, sarasehan kepemudaan, vaksinasi massal, pelatihan pembuatan karangan bunga, pelatihan desain grafis, lomba fotografi, lomba baca puisi dan lomba jurnalistik.

Dalam upacara pembukaan Diklat Satgas Karang Taruna, dilakukan pula penyematan Pin peserta diklat oleh Bupati dan penyerahan bantuan sembako. (HS-08).

Share This

Gelar Konkercab, PGRI Karanglewas Banyumas Diharapkan Bisa Sejahterakan Anggota

PD Prima DMI Purbalingga Diminta Kegiatan Keagamaan untuk Pemuda