in

Jalan Karanggayam-Pejagoan Rusak Parah, Bupati Janji Perbaiki Tahun Depan

Bupati Arif Sugiyanto bersama jajaran OPD, berdialog dengan masyarakat, dalam acara Tarhim di Masjid Jami Al-Istiqomah, Desa Logandu, Kecamatan Karanggayam. (Foto : Kebumenkab.go.id)

 

HALO KEBUMEN – Warga Desa Logandu, Kecamatan Karanggayam,  menumpahkan keluh kesahnya perihal jalan penghubung Karanggayam-Pejagoan, yang kini rusak parah. Warga juga meminta kesungguhan Bupati Kebumen untuk memperbaiki jalan itu.

Keluh kesah warga itu disampaikan dalam dialog, yang merupakan bagian dari rangkaian acara shalat tarawih dan silaturahmi (Tarhim), yang dilaksanakan Bupati Arif Sugiyanto bersama jajaran OPD, di Masjid Jami Al-Istiqomah, Desa Logandu, Kecamatan Karanggayam.

Menjawab keluhan warganya itu, Bupati mengatakan bahwa pihaknya memiliki program Jalan Mulus Ekonomi Bergerak (Jamu Segar). Program tersebut menjadi salah satu prioritas dalam 100 hari kerja.

Namun demikian dia mengakui tidak semua jalan rusak di Kebumen, bisa diperbaiki pada tahun ini. Hal itu karena anggaran yang dimiliki Pemkab, memang tidak mempu untuk membiayai semua perbaikan jalan tahun ini.

Untuk jalan penghubung Karanggayam-Pejagoan, Arif menyatakan jalan tersebut akan diperbaiki pada tahun anggaran 2022, sesuai perencanaan Dinas Pekerjaan Umum atau PU.

Pemerintah tidak bisa membangun jalan itu tahun ini karena memang belum masuk pada tahun anggaran.

“Pertama perlu saya sampaikan bahwa anggaran untuk Karanggayam sudah ada slotnya. Nanti Dinas PU yang akan menjelaskan. Saya pastikan untuk tahun ini tidak mungkin karena anggaran pemerintah dilaksanakan satu tahun sebelumnyaJadi pekerjaan yang dilaksanakan di 2021 ini sudah dianggarkan di tahun 2020. Untuk proses anggaran di 2021 akan kita laksanakan di tahun 2022. Sehingga apa yang bisa saya lakukan adalah percepatan pekerjaan yang sudah terprogram,” kata Bupati, seperti dirilis Kebumenkab.go.id.

Bupati Arif meminta kepada masyarakat untuk bersabar karena anggaran di Kebumen sangat terbatas.

“Jadi mohon bersabar kepada masyarakat, saya pastikan di 2022 Karanggayam jadi prioritas, karena saya juga sering lewat jalan sini. Saya sengaja bahwa Dinas PU untuk memastikan tahun depan jalan ini bisa diperbaiki,” ucap Arif.

Perjalanan tarhim kali ini rutenya memang cukup terjal. Banyak ditemukan jalan rusak dari wilayah Kecamatan Pejagoan sampai Karanggayam, sehingga menyita waktu perjalanan. Jalan tersebut menjadi jalan utama bagi warga Karanggayam untuk bepergian ke Kota Kebumen. Seperti biasa, tak lupa di tarhim kali ini Arif juga mengajak masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Sebab, kasus corona di Kebumen masih tinggi.

Ia juga meminta kepada masyarakat agar tidak memaksa keluargannya untuk mudik lebaran. Selain itu, Bupati sampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan masyarakat saat lebaran. Yakni tidak melaksanakan takbir keliling. Pariwisata juga akan ditutup selama tiga hari setelah lebaran. Termasuk larangan penyelenggaraan hajatan nikahan selama tujuh hari setelah Lebaran. (HS-08)

Share This

Pengedar Narkoba Jaringan Lapas Pati Berhasil Diungkap BNNP Jateng

Larangan Mudik Berlaku, Angkutan Selain untuk Mudik Masih Beroperasi