in

Jalan Daendels Mirit-Tambakmulyo Dibeton, Bupati Kebumen Minta Masyarakat Mengawasi

Pembangunan Jalan Daendels yang merupakan jalur selatan dari Mirit sampai Tambakmulyo, Puring, Kebumen. (Foto : kebumenkab.go.id)

 

HALO KEBUMEN –  Jalan Daendels yang merupakan jalur selatan dari Mirit sampai Tambakmulyo, Puring, saat ini sedang dibangun dengan konstruksi beton. Jalan dengan panjang 26,9 kilometer ini, ditargetkan selesai pada Oktober 2024.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto mengatakan pembangunan Jalan Daendels ini merupakan usulan dari Pemerintah Kabupaten Kebumen kepada Presiden Joko Widodo.

Usulan disampaikan saat melaksanakan kunjungan kerja di Kebumen, 9 Maret 2023 silam.

Saat itu Pemerintah Kabupaten Kebumen meminta agar ada bantuan perbaikan jalan dari Pemerintah Pusat.

“Alhamdulillah kita bersyukur usulan kita ke Bapak Presiden ini diterima, dengan adanya pembangunan jalan Daendels dari Mirit sampai Tambakmulyo, Puring. Saat ini tengah dilakukan betonisasi,” kata Bupati, dalam keterangannya, Jumat (10/11/2023) seperti dirilis kebumenkab.go.id.

Pembangunan jalan ini merupakan wujud dari Program Jamu Seger (Jalan Mulus Ekonomi Bergerak).

Bupati Kebumen mengakui anggaran Pemkab sangat terbatas, termasuk untuk membangun infrastruktur.

Namun demikian pihaknya tetap menginginkan agar infastruktur jalan bisa dibenahi satu persatu secara bertahap.

“Kita tidak boleh berpangku tangan meski anggaran terbatas. Lebih baik menebar kail, walau hanya satu yang dapat, dari pada tidak sama sekali,” ucapnya.

Diketahui Jalan Daendels sepanjang 26, 9 kilometer dibangun dengan menggunakan anggaran APBN sebesar Rp125 Miliar.

Lebar jalan itu adalah 6 meter, dengan ketebalan 25 sentimeter. Selain Jalan Daendels, pemerintah daerah juga mendapat bantuan perbaikan jalan Ayah-Karangbolong dari Pusat, dan kini pembangunannya hampir selesai.

Untuk itu, tutur Bupati, ia meminta agar masyarakat turut mengawasi dan menjaga jalan ini agar tidak cepat rusak.

“Banyak jalan-jalan di Kebumen ini begitu selesai dibangun, tidak lama langsung bergelombang, seperti JJLS. Nah ini saya minta masyarakat ikut mengawasi,” ucapnya.

“Demikian juga Jalan Mirit-Tambakmulyo dan Karangbolong sampai Ayah, ini juga saya minta diawasi, dari pengerjaan sampai selesai, jangan sampai hasilnya tidak baik,” imbuhnya. (HS-08)

Edi Rianto Resmi Jabat Sekda Kebumen

Hindari Amukan Massa, Pencuri Latop di Solo Diamankan di Kantor Polisi