in

Jajaran Polres Jepara Bagikan Masker ke Masyarakat

Personel Polres Jepara yang dipimpin Kabagsumda Kompol Karman, melakukan patroli di kawasan pasar Lebak Jepara. (Foto : Tribratanews.jepara.jateng.polri.go.id)

 

HALO JEPARA – Polres Jepara dan jajarannya hingga polsek-polsek di wilayah tersebut, bergerak untuk membagikan masker dan memberikan edukasi tentang protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Seperti yang dilakukan personel Polres Jepara, Sabtu (13/02) kemarin. Saat itu para anggota Polres Jepara yang dipimpin Kabagsumda Kompol Karman SH, melakukan patroli di kawasan pasar Lebak Jepara.

Di tempat itu petugas menyampaikan imbauan, agar warga mewaspadai tindak kejahatan. Para anggota Polri itu juga menyampaikan imbauan mengenai pencegahan penularan Covid-19.

Para pengunjung pasar, diingatkan untuk selalu memakai masker, membiasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, mencuci tangan menggunakan antiseptik, menjaga jarak, tidak berkerumun, serta tidak bepergian ke luar daerah.

“Mari bersama-sama kita cegah penularan Covid-19 dengan selalu menerapkan ptotokol kesehatan guna terhindar dari penyebaran Covid-19”, kata dia, seperti dirilis Tribratanews.jepara.jateng.polri.go.id.

Bagi Masker

Upaya serupa juga dilakukan oleh para anggota Polsek Pecangaan. Bersama-sama, mereka turun ke jalan untuk mengedukasi masyarakat, sekaligus membagikan ratusan masker secara gratis.

Kapolsek Pecangaan, Iptu Agus Nurhadi mengatakan bagi-bagi masker ini merupakan bagian dari gerakan “Jepara Bermasker”, dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Aksi serupa juga dilakukan para personel Polsek Kalinyamatan. Bersama instansi terkait, para anggota Polri itu memberikan 250 masker secara gratis pada warga di Kecamatan Kalinyamatan.

“Pembagian masker ini adalah salah satu upaya Polsek Kalinyamatan, untuk mencegah penyebaran virus Corona di Kecamatan Kalinyamatan khususnya,” kata Kapolsek Kalinyamatan, Iptu Bambang Suroyo.

Dia berharap agar upaya ini dapat mencegah penyebaran virus Covid-19 di Jepara dan Kecamatan Kalinyamatan khususnya.

“Terpenting itu menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Untuk melawan virus ini harus dimulai dari diri sendiri, karenanya kami berharap masyarakat tetap menerapkan Pola Hidup Sehat dengan selalu mencuci tangan,” kata dia.

Sementara itu Polsek Mayong, pada Jumat (12/2) malam juga melakukan Operasi Yustisi penerapan protokol kesehatan di area publik di wilayahnya.

Kapolsek Mayong Iptu Heri Joko, mengatakan lokasi pendisiplinan ini dilaksanakan di tempat-tempat yang ramai dikunjungi warga serta di jalan-jalan protokol. Selama operasi, petugas mendatangi warga yang berkumpul.

“Seperti yang kita tahu, masih ada masyarakat yang belum tertib protokol kesehatan, terlebih lagi di tempat ramai seperti ini. Karena itu perlu kita tegur dan berikan edukasi serta juga kita berikan masker,” kata Kapolsek.

Dalam operasi tersebut, Polsek Mayong bersama petugas gabungan menjaring 35 pelanggar protokol kesehatan. Para pelanggar itu kebanyakan warga tidak memakai masker.

Pelanggar prokes tersebut langsung ditindak dengan push up. Dan selanjutnya para pelanggar juga dibagikan masker agar dipakainya guna menghindari penyebaran virus.

Dengan kegiatan seperti ini tujuannya agar warga masyarakat mengerti akan pentingnya patuhi protokol kesehatan guna menghindari penyebaran Covid-19.

Serupa dengan operasi yustisi di Mayong, Polsek Keling bersama Koramil, Satpol PP dan instansi terkait, menjaring belasan warga yang melanggar protokol kesehatan.

Kapolsek Keling Iptu Hadi Riyono, menginformasikan bahwa sedikitnya 15 warga yang terjaring razia itu, rata-rata tidak memakai masker dan juga bergerombol.

Kapolres Jepara AKBP Aris Tri Yunarko SIK MSi mengakui masih banyak warga yang terjaring Operasi Yustisi Protokol Kesehatan tersebut.

“Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang protokol kesehatan harus diterapkan setiap saat, apalagi saat sedang keluar rumah” tuturnya.

Karenanya, pihaknya berjanji tidak akan berhenti mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (HS-08)

Share This

Liluk: Jembatan Putus Di Gunungpati Ganggu Akses Warga

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ingatkan Pentingnya Pakai Masker dan 5M