Jadwal Kompetisi dan Agenda Timnas Berbenturan, Ini Jawaban PSSI

Foto ilustrasi: Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyalami pemain dalam sebuah latihan beberapa waktu lalu.

 

HALO SEMARANG – PSSI telah memastikan bahwa kompetisi Liga 1 musim 2020 akan kembali dilanjutkan pada bulan Oktober mendatang.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan telah mengeluarkan Surat Keputusan bernomor SKEP/53/VI/2020 tentang kelanjutan kompetisi dalam keadaan luar biasa tahun 2020.

“Kompetisi Liga 1,  Liga 2, dan Liga 3  akan dimulai pada Oktober 2020 dengan memperhatikan ketentuan protokol kesehatan Covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah,” ungkapnya, baru-baru ini.

Namun jadwal kompetisi Liga 1 berpotensi akan berbenturan dengan jadwal Timnas Indonesia.

Timnas Senior akan bermain di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang menyisakan tiga laga pada bulan Oktober dan November.

Sementara mereka juga akan bermain di Piala AFF 2020 pada bulan November hingga Desember mendatang.

Jadwal baru Liga 1 2020 memang belum dirilis. Namun, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator sudah memberi bocoran bahwa kompetisi akan terus berjalan saat ada agenda tim nasional, entah pemusatan latihan (TC) atau pertandingan.

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi memastikan, bahwa klub akan lepas pemainnya ke Timnas Indonesia meski agenda tim nasional bentrok dengan jadwal Liga 1 2020. Sebab PSSI dan klub telah membuat komitmen.

“Tidak terganggu, kami sudah bangun komitmen dengan klub untuk beri pemainnya ke PSSI. Pertama TC, lalu pertandingan di Piala AFF. Itu biasa terjadi di klub dan PSSI, mudah-mudahan klub tetap berkomitmen,” kata Yunus Nusi.

“Harapan kita sidak seperti itu lagi, harapan kita teman-teman klub ikut tanggung jawab sebagai bangsa. Melalui ketua umum telah disampaikan ke klub semua berkomitmen menyerahkan pemainnya jika dibutuhkan untuk TC atau pertandingan,” paparnya.

“Kami lihat tahun ini Insya-Allah klub menyerahkan pemainnya di tengah kompetisi karena itu sudah menjadi komitmen,” tuturnya menambahkan.
Arahan PSSI tentu akan diterima oleh klub lantaran Liga 1 musim ini tak memberlakukan degradasi.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.