in

Jadi Pemimpin Upacara HSN 2023, Bupati Kendal Ajak Para Santri Ikut Berjuang Membangun Kejayaan Negeri

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menyalami peserta usai memimpin upacara Hari Santri Nasional 2023 menemui dan menyalami para santri, di Alun-alun Kendal, Minggu (22/10/2023).

HALO KENDAL – Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan merupakan pengakuan Pemerintah dan masyarakat atas jasa kaum santri dalam perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia dalam melawan penjajah.

Banyak sejarah yang terpotong, dan masih ada sejarah yang tersisa. Maka, dengan dikumandangkan tanggal 22 Oktober sebagai resolusi jihad adalah salah satu contoh dari sekian banyak sejarah yang belum ditulis secara resmi oleh negara.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto di hadapan ribuan satri saat memimpin upacara Hari Santri Nasional (HSN) 2023, di Alun-alun Kota Kendal, Minggu (22/10/2023).

“Tahun 2023 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Tema tersebut mengajak kepada para pengasuh pondok pesantren dan para santri supaya terus berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual di era transformasi digital sekarang ini,” ujar Bupati.

Untuk itu, makna jihad tidak selalu identik dengan berperang angkat senjata. Tetapi Jihad santri sekarang ini, adalah bersungguh-sungguh berjuang dalam melawan kebodohan dan ketertinggalan dengan bersemangat menjalankan kewajiban menuntut ilmu agama serta menambah dengan ilmu pendukung lainnya.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Kendal maupun pribadi, saya mengucapkan selamat memperingati Hari Santri Nasional yang ke-9. Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat, para santri, para pengasuh pondok pesantren, Ormas Islam, segenap Panitia Peringatan Hari Santri dan seluruh pihak, yang telah bersatu padu dalam rangka menyukseskan kegiatan serangkaian peringatan Hari Santri Nasional ke-9 tahun 2023. Sehingga peringatan Hari Santri tahun ini lebih semarak dan luar biasa. Meriah sekali,” beber Bupati.

Dico juga berharap, dengan serangkaian peringatan Hari Santri Nasional yang ke-9 tahun 2023, ke depan para santri di Kabupaten Kendal lebih semangat lagi dalam menambahkan akhlak yang baik, dan juga pesantren yang ada di Kendal bertambah baik, pesat, dan lebih canggih.

Sehingga anak-anak di Kendal tidak perlu jauh-jauh jika ingin menempuh pendidikan di pesantren karena di Kendal sudah ada dan bagus.

“Melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2023, mari berjuang bersama-sama untuk meraih impian kita sebagai santri yang mampu membawa cahaya Islam ke seluruh dunia. Mari kita berjuang untuk mewujudkan peradaban yang lebih baik, lebih adil, dan lebih berlandaskan nilai-nilai agama,” ungkapnya.

“Mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah Subhanahu Wata’alla. Aamiin,” pungkas Bupati.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng di Pendopo Tumenggung Bahurekso, selanjutnya Bupati bersama jajaran Forkopimda dan kepala OPD mengukuti karnaval bersama puluhan ribu santri, dari berbagai pondok pesantren dan lembaga pendidikan di Kendal.(HS)

Siswa Difabel Semarang Ikut Senam CTPS Bareng Pj Ketua TP PKK Jateng

PB Arista Juara Umum Bulu Tangkis Setyo Budi Open Piala Rektor USM-PWI Jateng 2023