in

Jadi Jujugan Alternatif Liburan Keluarga, Pantai Tirang Semarang Butuh Sentuhan Pemkot

Suasana pemandangan Pantai Tirang Semarang yang menjadi alternatif liburan menikmati keindahan alam di Kota Semarang pada liburan akhir pekan.

SELAIN Pantai Marina Semarang, tempat liburan untuk menikmati suasana alam yang cocok buat keluarga yakni Pantai Tirang. Bagi penghobi mancing, Pantai Tirang juga menyuguhkan sejumlah spot yang punya potensi berbagai jenis ikan. Pantai Tirang selain memiliki pemandangan indah terutama sore hari dimana pengunjung bisa menikmati sunset, juga bisa sambil bersantai di gazebo yang disewakan di sana. Pantai ini berada di Kampung Tambakrejo, Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang atau tepatnya berdekatan dengan landasan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Dari pusat kota atau Simpanglima Semarang pantai ini bisa ditempuh hanya dengan jarak 11 kilometer. Dan untuk masuk ke lokasi, kini bisa menggunakan mobil dan motor, sedangkan untuk menuju lokasi pengunjung bisa melalui akses masuk Perumahan Graha Padma di Jalan Siliwangi Semarang. Ambil jalan utama lurus, sampai bunderan pertama ambil lurus lagi, kemudian bundaran ke dua ambil jalur kiri. Lalu sampai ketemu di depan jembatan, setelah jembatan ada perempatan kemudian belok kanan (Jalan Adelia) lurus terus mengikuti jalan sampai Pantai Tirang.

Tarif masuk ke kawasan Pantai Tirang dikenakan biaya cukup terjangkau sebesar Rp 5 ribu per orang, lalu parkir kendaraan Rp 3 ribu. Bagi pengunjung yang ingin bersantai di gazebo atau gubuk yang disediakan dikenakan biaya sewa Rp 10 ribu sepuasnya.

Di sepanjang kiri dan kanan terdapat pohon bakau, penahan abrasi air laut ke daratan, dengan aliran sungai dan tambak-tambak warga. Sehingga beberapa orang pemancing terlihat memasang joran di spot yang punya potensi terdapat banyak ikan. Seperti belanak, kiper, dan baramudi.

Pengunjung bisa menikmati angin senja nan sepoi-sepoi, dan hamparan pasir lembut di sepanjang Pantai Tirang di Kota Semarang ini. Salah satu menjadi tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu liburan di akhir pekan dan hari libur. Suara deburan ombak pantai yang relatif landai dan aman bagi anak-anak bermain air di pantai. Meski harus selalu diawasi orangtua saat bermain pasir dan air di bibir pantai.

Selain itu, terdapat warung-warung makanan dan jajanan dengan mudah ditemukan di lokasi pantai ini. Sedangkan untuk fasilitas penunjang seperti untuk mandi berbilas pengunjung, telah disediakan dilokasi namun masih terbatas jumlahnya. Wahana bermain anak, baru berupa ayunan. Di langit biru, nampak jelas pula pesawat terbang yang melintas setelah lepas landas maupun saat akan mendarat di bandara menambah kesan tersendiri.

Salah satu pengunjung, Issatul mengatakan kondisi pantai yang teduh dan pemandangan indah sangat cocok untuk melepas penat dari kesibukan atau sekedar healing. Bisa menikmati suasana senja di alam yang masih asri jadi alternatif buat liburan keluarga.

“Tiket masuknya dan sewa gubuknya juga cukup terjangkau, jadi cocok buat tempat liburan keluarga. Diharapkan nantinya ada sentuhan dari pemerintah kota ataupun lainnya untuk bisa mengembangkan wisata pantai tirang ini sehingga dikelola dengan baik dan menjadi ramai lagi,” imbuhnya. (HS-06)

Kendal Smart City 2024, Memanfaatkan Teknologi untuk Peningkatan Layanan kepada Masyarakat

Ungkap Kasus 2022, BNNK : Weleri Tertinggi Penyalahgunaan Narkotika di Kendal