in

Jabatan Sekjen Kemenag Diserahterimakan

Penyerahan cenderamata kepada Plt Sekjen Abu Rokhmat dari Sekjen Definitif Muhammad Ali Ramdani. (Foto : kemenag.go.id)

 

HALO SEMARANG –  Kementerian Agama menggelar serah terima jabatan (Sertijab) dari Plt Sekretaris Jenderal Prof Abu Rokhmad kepada Sekjen Definitif Prof M Ali Ramdhani.

Sertijab berlangsung di Ruang OR kantor pusat Kementerian Agama, Selasa (2/4/2024).

Sekjen Kemenag RI, Ali Ramdani mengungkapkan bahwa acara ini sengaja dilakukan guna menandai estafet kepemimpinan.

“Bagaimana kita memaknai estafet kepemimpinan, agar ujung dan pangkalnya harus jelas, dan timing peralihan dokumennya tegas dan jelas,” ungkap Ali, seperti dirilis kemenag.go.id.

Ali juga menjelaskan bahwa momentum serah terima jabatan ini juga menandai fase timeline yang berbeda antar pejabat, sehingga tidak ada mis atau kesalahan dalam pengambilan kebijakan dan keputusan.

Ia pun mengapresasi Plt Sekjen Abu Rohmad. Menurut Ali, meski singkat, kepemimpinan Abu Rokmad sangat luar biasa dengan berbagai kebijakan penting.

“Saya apresiasi yang luar biasa, catatan luar biasa kepada beliau, selama kepemimpinananya bisa dilewati dengan baik. Beliau orang hebat,” ungkapnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih atas dedikasi yag selama ini diberikan Abu Rokmad selama menjabat.

“Saya terima jabatannya. Saya kira hari ini momentum kita bersama untuk mengevaluasi diri dan menatap masa depan dengan ritme yang berbeda,” lanjut Ali kepada seluruh pejabat Setjen Kemenag RI yang hadir.

Sementara itu, Abu Rokhmad juga senang dengan adanya seremoni serah terima jabatan ini. Sebab, hal itu menunjukkan batasan yang jelas antara dirinya dengan kepemimpinan yang baru.

“Saya memang ingin sekali melakukan hal semacam ini. Ini menjadi penanda estafet kepemimpinan,” ucapnya.

Ia pun meyakini, Sekjen yang baru mampu membuat terobosan-terobosan yang luar biasa selama kepemimpinannya.

Ditambah, kepemimpinan Ali Ramdhani sebagai Dirjen Pendidikan Islam merupana bekal penting dalam memimpin kesetjendan Kemenag RI.

“Saya merasa beruntung dengan adanya Prof Ali ini. Secara tupoksi di Kemenag memang paling banyak terkait Pendidikan Islam. Artinya beliau sudah banyak tahu dan menguasai,” ungka Abu.

“Semoga bisa menjalankan amanah ini sebaik-baiknya. Suksesnya beliau sukses bagi Kemenag. Terima kasih atas dukungan dan supportnya selama ini,” ucap Abu. (HS-08)

Lulusan Ma’had Aly Bisa Jadi PNS, Menag: Rekognisi Pemerintah atas Kualitas Pesantren

Baleg dan Komisi II DPR RI Lakukan Harmonisasi 52 RUU Kabupaten dan Kota