in

Jabatan Fungsional Tak Kalah Bergengsi Dari Jabatan Struktural

Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM, saat melantik lima pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo, di Ruang Bagelen kompleks Kantor Bupati. (Foto: Purworejokab.go.id)

 

HALO PURWOREJO – Anggapan bahwa jabatan fungsional kurang menarik dan kalah bergengsi dibandingkan jabatan administrasi, dibantah oleh Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM. Menurut dia, jabatan fungsional adalah kelompok jabatan PNS yang setara pula dengan jabatan administrasi.

Penegasan itu disampaikan Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM, saat melantik dan mengambil sumpah atau janji lima pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo, Jum’at (16/04).

Pelantikan berlangsung di Ruang Bagelen kompleks Kantor Bupati, pelantikan dihadiri Sekda, Asisten Sekda, dan dihadiri sejumlah pimpinan Perangkat Daerah (PD) terkait.

Lebih lanjut Bupati mengtakan bahwa apabila memenuhi syarat dalam beberapa aspek, jabatan fungsional memiliki jenjang karir yang lebih luas, dibanding jabatan administrasi. Di antaranya dalam hal jenjang pangkat, tunjangan jabatan serta batas usia pensiun.

“Sejatinya, jabatan fungsional akan menuntut seseorang untuk semakin ahli dari waktu ke waktu. Saudara akan dihadapkan dengan pekerjaan dan tantangan yang cukup berat, untuk bisa mencapai tingkatan selanjutnya. Di sinilah profesionalitas dan kinerja menjadi salah satu kata kunci, yang pada akhirnya akan mendorong kualitas birokrasi,” katanya, seperti dirilis Purworejokab.go.id.

Untuk itu Bupati meminta kepada pejabat yang dilantik, supaya dapat menjalankan amanah sebaik-baiknya. Caranya, antara lain dengan terus mengembangkan kompetensi diri, dedikasi, serta integritas yang tinggi.

Kepada seluruh pimpinan Perangkat Daerah (PD), Bupati meminta untuk memperhatikan keberadaan pejabat fungsional di instansinya masing-masing.

“Berikan ruang yang cukup bagi pejabat fungsional, untuk terus berkreasi dan berinovasi, termasuk dalam pengembangan karirnya,” pesannya.

Terkait dengan visi dan misi pembangunan ke depan, yakni “Purworejo Berdaya Saing Tahun 2025”, Bupati berharap para pejabat fungsional bisa turut memberikan kontribusi secara aktif, utamanya dalam mewujudkan salah satu misi yakni mewujudkan sumberdaya manusia yang berdaya saing. (HS-08)

Share This

Yoyok Sukawi: Jika 4 Pilar Kebangsaan Diterapkan, Tak Ada Intoleransi Saat Ramadan

Bupati Arif Sugiyanto Sampaikan 28 Program Unggulan Kebumen