Iwan Bule Ingin Skuad Timnas U-16 Solid Sebagai Satu Kesatuan Keluarga

 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat memberi wejangan kepada anggota skuad Timnas U-16 saat latihan di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Selasa (18/8/2020). (Foto dari web resmi PSSI, pssi.org).

 

HALO SEMARANG – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan kembali mendampingi skuad Timnas U-16 latihan di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Selasa (18/8/2020).

Bersama 30 pemain asuhan Bima Sakti, Iwan Bule sapaan akrab Mochamad Iriawan sempat berbincang dengan pemain yang menjalani hari kesembilan dalam TC pada bulan Agustus ini.

Pada Juli lalu, Timnas U-16 yang dipersiapkan mengikuti Piala AFC U-16 di Bahrain ini sudah menjalani TC selama tiga pekan, dan kali ini TC berlangsung hingga 30 Agustus 2020.

Yang menarik, di antara sesi latihan, Ketua Umum PSSI tampak membaur bersama para pemain. Bak seorang ayah mendampingi anak-anaknya. Tak tanggung-tanggung, Iwan Bule ikut dalam pemanasan jelang dimulainya latihan teknis.

Setelah latihan yang berlangsung lebih dari dua jam, Iwan Bule kembali mengumpulkan secara khusus para pelatih dan ofisial dan dilanjutkan dengan seluruh pemain Timnas U-16.

“Kedatangan saya kali kedua ke sini untuk menunjukkan perhatian federasi pada Timnas, agar sesuai arahan Presiden Jokowi prestasi Timnas kita harus bunyi, baik di level Asia Tenggara maupun dunia,” kata Iriawan, seperti dirilis web resmi PSSI, pssi.org.

Pria yang pernah menjadi Kapolda Metro Jaya, Jawa Barat dan NTB itu meminta agar seluruh tim kompak dan solid sebagai satu kesatuan keluarga.

“Tanamkan sikap disiplin dalam berlatih, juga kuatkan mental agar punya fighting spirit tinggi. Semangat berjuang membela negara di lapangan hijau,” tegasya.

Ketua Umum PSSI mengaku mengikuti terus perkembangan TC Timnas U-16 dan mengapresiasi hasil uji coba yang dilakukan, yakni menang 2-0 atas POR Uni Bandung, menang 5-0 lawan Askab Bekasi U-18, dan seri 0-0 melawan Bina Taruna U-18.

“Tim-tim yang secara level usia sebenarnya ada di atas kalian,” kata Iriawan.

Ia menegaskan, sejauh ini, jadwal Piala AFC U-16 di Bahrain tidak berubah, yakni pada 25 November sampai 12 Desember 2020.

“Tim ini sangat membanggakan, hadir sebagai satu-satunya negara Asia Tenggara di Piala AFC U-16. Ingat, empat tim terbaik dari turnamen ini akan lolos ke putaran final Piala Dunia U-17 di Peru 2021. Mau masuk Piala Dunia? Mau membawa merah putih di piala dunia?” tantang Iriawan disambut jawaban antusias para pemain, “Maaaau!!!”.

Iriawan juga menegaskan agar pemain tetap optimistis, meski di Bahrain nanti Indonesia berada satu grup dengan Jepang, China dan Arab Saudi.

“Jangan gentar dengan nama-nama besar negara itu. Mereka juga sama-sama manusia. Dan bola itu bundar. Bahkan kita pun sudah pernah menghadapi China di Stadion Gelora Bung Karno. Tidak kalah juga saat itu, imbang 0-0,” paparnya.

Iwan Bule menekankan, di era kepemimpinannya tidak ada istilah pemain titipan di Tim Nasional.

“Sama sekali tidak boleh. Kita harus jaga itu. Sekali ada titipan, rusak federasi ini,” katanya.

Iriawan menggarisbawahi, saat para pemain Timnas bertanding, mereka akan mempersatukan bangsa Indonesia. Tak ada lagi sekat-sekat suku, agama, partai, golongan, dan lain-lain.

“Semua mata akan tertuju pada kebanggaan lambang Garuda yang kalian kenakan. Semua siap?” tanyanya, yang kembali disambut antusias para pemain.

Iriawan mengingatkan agar para pemain berjuang keras demi logo Garuda itu.

“Ingat itu. Lambang negara yang ada di dada kalian, jauh lebih besar maknanya daripada nama yang ada di punggung kalian,” pungkasnya.

Pelatih kepala Timnas U-16 Bima Sakti berterima kasih atas perhatian Ketua Umum PSSI yang telah memfasilitasi terlaksananya dua kali TC di Bekasi.

“Alhamdullilah, semua berjalan lancar. Tim juga dalam kondisi sehat semua. Kami semua mencapai tujuan menunjukkan prestasi terbaik Timnas. Kami di sini juga merasa satu keluarga, satu rumah yang sama,” kata gelandang Timnas Indonesia era 1990 hingga 2000-an tersebut.

Sementara itu, pemain belakang Timnas U-16, Kadek Arel Priyatna menyatakan kagum dan senang karena Ketua Umum PSSI menyatu bersama para pemain dalam latihan ini.

“Melihat Pak Iriawan berlari bersama dalam satu barisan sungguh menimbulkan semangat kekeluargaan dalam tim. Laksana bapak dan anak. Terima kasih juga untuk fasilitas hotel dan baju bagus dari Mills yang diberikan pada kami,” kata pemain asal Bali United itu.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.