in

Italia Unggul Statistik, Inggris Diuntungkan Karena Main Di Kandang

Foto ilustrasi Final Euro 2020.

 

HALO SPORT – Inggris akan menghadapi Italia pada laga Final Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris, Senin (12/7/2021) pukul 02.00 WIB.

Untuk pertama kalinya sejak final Piala Dunia 1966, Inggris sukses lolos ke final dan akan menghadapi Italia yang kenyang dengan pengalaman tampil di ajang-ajang besar Internasional.

Jika Inggris belum pernah meraih trofi Internasional sejak juara Piala Dunia 1966 atau sejak 55 tahun silam, Italia baru 15 tahun yang lalu sukses meraih gelar juara dan ingin mengulangi kejayaan.

Final Euro 2020 akan menjadi pertemuan ke-8 antara Italia dan Inggris pada turnamen kompetitif. Inggris tercatat baru sekali menang dalam delapan laga tersebut, sedangkan tujuh laga sisanya berakhir dengan enam kekalahan dan sekali imbang.

Satu-satunya kemenangan Inggris tercipta di kualifikasi Piala Dunia pada November 1977. Adapun pertemuan terakhir kedua kesebelasan pada laga kompetitif terjadi di babak grup Piala Dunia 2014 di mana Italia menang 2-1.

Total, Italia dan Inggris sudah bertemu 27 kali. Italia mendomninasi dengan 11 kemenangan dan Inggris menang 8 kali. Sementara sembilan laga sisanya berakhir imbang. Melihat data tersebut, Italia di atas kertas diunggulkan untuk menang pada laga final Euro 2020.

Apalagi, Italia juga punya modal positif menjelang pertandingan di Stadion Wembley akhir pekan nanti. Kemenangan atas Spanyol pada semifinal membuat Italia kini tak terkalahkan dalam 33 pertandingan beruntun sejak 2018. Kali terakhir Italia merasakan kekalahan adalah pada September 2018, ketika takluk 0-1 dari Portugal di ajang UEFA Nations League.

Serangkaian catatan impresif Italia itu jelas akan menjadi tantangan besar bagi Inggris yang membidik gelar juara Euro perdana. Apalagi kali ini Inggris akan bermain di markasnya sendiri. Mereka tentu memiliki motivasi lebih untuk memenangkan laga ini.

Final Euro 2020 memang menjadi yang pertama bagi Inggris sepanjang sejarah partisipasi mereka di kompetisi antarnegara di Benua Biru itu.

Inggris sebelumnya melaju ke semifinal pada edisi 1968 dan 1996, tetapi selalu kalah pada dua pertandingan itu. Euro 1968 menjadi pencapaian terbaik Inggris sebab mereka berhasil mengakhiri turnamen di peringkat ketiga.(HS)

Share This

Pedagang Hewan Kurban: Idul Adha Tahun Ini Sepi Pembeli

Siapkan Pukulan Mematikan untuk Dustin