in

IT Competition Udinus, Gali Potensi Peserta Lomba Bidang Teknologi

Kompetisi IT Competition dalam serangkaian Dinus Festival 2021.

 

HALO SEMARANG – Himpunan Mahasiswa Teknologi Infromasi (HMTI) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar kompetisi IT Competition, dalam serangkaian Dinus Festival 2021. Kegiatan tersebut sebagai wadah untuk gali potensi siswa di bidang teknologi.

Acara dengan tema ‘Improve Your Capabilities and Creativity in The Digital Age’ tersebut berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa pada 1-2 Februari 2021.

Acara yang dilangsungkan secara daring tersebut diikuti oleh 61 peserta, 35 peserta pada kategori Lomba Cerdas Cermat (LCC) dan sembilan tim pada kategori Bisnis TIK.

Pada kategori Bisnis TIK terdapat tiga juri yang merupakan dosen Udinus, yang menilai karya dari para peserta. Di antaranya Feri agustina Mkom, Erwin Yudi Hidayat SKom, MCS, dan Khaerul Anwar SKom.

Pada kategori LCC peserta diharuskan untuk menjawab pertanyaan secara daring melalui platform Zoom, dengan memanfaatkan fitur pada platform tersebut.

Peserta juga diharuskan menekan rise hand untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh panitia. Sedangkan pada kategori Bisnis TIK peserta hanya perlu mengirim proposal bisnis dan video mengenai penjelasan isi proposal kepada panitia.

Ketua pelaksana IT Competition, Danis Septiya Pamuji mengatakan, kegiatan tersebut ditujukan bagi pelajar dan mahasiswa agar dapat meningkatkan minat dalam bidang TI.

“Acara IT Comnpetition ini sebagai wadah bagi peserta untuk meningkatkan bakat mereka, khususnya dalam bidang teknologi informasi. Sehingga dapat mengembangkan pemikiran dan sikap kritis generasi muda, dengan tujuan agar berkembang menjadi generasi yang cerdas,” jelas Danis.

Selain itu, dia juga berharap IT Competition menjadi satu ajang yang dapat memberikan ilmu dan pengalaman bagi para peserta.

“Saya harap dengan adanya perlombaan ini peserta dan panitia dapat menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki, sehingga ke depannya mampu menciptakan inovasi yang lebih maju sesuai dengan teknologi yang berkembang saat ini,” harap Danis.

Terdapat tiga peserta yang keluar sebagai juara pada masing-masing kategori.

Pada kategori LCC dimenangi oleh Ebenezer Devara Yeckopradana dari SMA N 1 Jepara sebagai juara, Ahmad Reihan Alavi dari SMA N 1 Jepara sebagai runner-up, dan Christian Albert Santoso dari SMA Kristen YSKI Semarang sebagai pemenang ketiga.

Sedangkan pada kategori Bisnis TIK juara diraih oleh Distancing Team dari SMK Telkom Purwokerto, runner-up diraih oleh Jastive by Smansara dari SMAN 1 Jepara, dan Seonmul dari Telkom University sebagai pemenang ketiga.

Dinus Festival 2021 sendiri merupakan agenda tahunan yang memiliki serangkaian lomba yang diikuti oleh mahasiswa dan pelajar SMA/SMK sederajat, serta berbagai macam expo yang diselenggarakan oleh Udinus.(HS)

Share This

Ini Perbedaan Pemaknaan Desa Wisata dan Wisata Desa

Peduli Bencana Banjir, Golkar Kendal Salurkan Ribuan Bantuan Sembako di Tiga Kecamatan