in

Iswar Tegaskan TMMD Sengkuyung Bantu Pemkot Atasi PR Pembangunan di Kota Semarang

Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin menutup program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Sengkuyung Tahap III sekaligus putaran terakhir tahun 2023 di Ruang Lokakrida Gedung Moh Ikhsan Lantai 8, Balai Kota Semarang, Kamis (19/10/2023).

HALO SEMARANG – Mewakili Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin menutup program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Sengkuyung Tahap III sekaligus putaran terakhir tahun 2023 di Ruang Lokakrida Gedung Moh Ikhsan Lantai 8, Balai Kota Semarang, Kamis (19/10/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Iswar menyampaikan bahwa bergerak bersama adalah kunci keberhasilan dalam membangun sebuah kota. Dirinya juga menyampaikan, melalui program TMMD beberapa masalah dan PR di Kota Semarang dapat terselesaikan.

“Ini menarik (TMMD) bisa bareng-bareng menyelesaikan problem atau pekerjaan rumah (PR) di Kota Semarang. Kita terus menggandeng teman-teman TNI, temasuk juga menggandeng Baznas untuk renovasi rumah tidak layak huni. Momentum seperti sekarang inilah yang sering kita katakan, bahwa bergerak bersama adalah kunci dalam membangun sebuah kota,” ujar Iswar.

Program TMMD sendiri merupakan program yang melibatkan 3 elemen yakni TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat. Program ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun sebagai dukungan dan solusi penyelesaian PR-PR pembangunan di Kota Semarang. Pada tahun 2023, program ini juga sudah berjalan dari tahap I, II dan III di Kelurahan Wonoplumbon, Kecamatan Mijen, Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, dan terakhir di Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Gunungpati.

Lebih lanjut, Iswar berharap konsep bergerak bersama ini dapat diteruskan dan dijaga di Kota Semarang. “Harapan ke depan, kebersamaan ini harus kita pelihara untuk terus membangun Kota Semarang yang lebih baik. Kota ini tidak bisa maju tanpa ada kebersamaan dari semua pihak, tidak mungkin hanya pemerintah Kota Semarang yang berjalan sendiri tanpa ada dukungan masyarakat, TNI, POLRI dan semua unsur masyarakat, harus bergerak bareng-bareng,” pungkas Iswar.

Sedangkan Komandan Kodim (Dandim) 0733 Kota Semarang, Letkol Inf Rahmad Saerodin menyampaikan perihal hasil dari TMMD Sengkuyung Tahap I,II, dan III. “Hasil yang kita sudah kerjakan di tiga tempat tahun ini, fisik maupun non fisik. Untuk non fisik kita dengan dinas-dinas terkait di Pemkot Semarang, kita berkolaborasi mensosialisasikan ataupun penyuluhan. Kalau dari kami, wawasan kebangsaan kalau yang lainnya dari dinas-dinas di Pemkot,” ucapnya.

Dirinya juga menambahkan, bahwa tahun depan program TMMD akan terus dilaksanakan. Mengingat, program ini sendiri merupakan program kolaborasi tahunan antara ketiga elemen tersebut. “Untuk tahun ini, ini (TMMD Tahap III) yang terakhir, Insya-Allah tahun depan nanti kita lanjut lagi. Nanti kami berembug lagi dengan Pemkot Semarang,” tandasnya.(HS)

Selama Kemarau, Produksi dan Distribusi Air PDAM Tirta Moedal Kota Semarang Aman

Toleransi dan Kerukunan Umat Beragama Perlu Dijaga Selama Pemilu