Isu Naturalisasi Pemain Besar-besaran untuk Piala Dunia U-20 Makin Menguat, Ini Kata PSSI

 

Robert Junior Rodrigues Santos (Striker), pemain muda asal Brasil yang baru saja didatangkan untuk seleksi di Madura United.

 

HALO SPORT – Beberapa hari terakhir, tersiar kabar bahwa PSSI akan melakukan naturalisasi besar-besaran untuk menambal skuad di Timnas
Indonesia jelang Piala Dunia U20.

Kabar itu muncul bukan tanpa alasan, karena beberapa klub Liga 1 2020 banyak yang “tiba-tiba” melakukan seleksi pemain muda asal Brasil, untuk memperkuat tim untuk lanjutan liga Indonesia.

Padahal saat ini kuota pemain asing di klub tersebut sudah terisi slotnya, kecuali Arema FC yang memang baru saja ditinggalkan satu pemain asingnya.
Persija Jakarta sudah merilis dua pemain baru mereka asal

Brasil. Begitupun dengan Arema FC yang juga merilis dua pemain asing berusia muda, dan Madura United yang merilis satu pemain.

Kabar lain menyebutkan ada 8 nama yang akan masuk dan dsiap dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia.

Menanggapi hal ini, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri menyatakan, bahwa kedatangan sejumlah pemain asing dari Brasil ke klub Arema FC, Persija Jakarta , dan Madura United murni kebutuhan klub Liga 1.

Seperti diketahui, pada dua hari terakhir ini sejumlah nama pemain muda Brasil yakni Henrique Bartoli serta Hugo Guilherme mengikuti latihan bersama Arema FC. Lalu Thiago Apolina Pereira serta Maike Henrique Irine De Lima juga sudah mengikuti latihan di Persija.

“Kedatangan para pemain asing muda dari Brasil ini tidak ada kaitannya dengan PSSI. Itu urusan klub klub Liga 1. Pemain yang dipanggil Timnas Indonesia tentu harus berpaspor Indonesia,” kata Indra Sjafri.

Indra Sjafri menegaskan, bahwa saat ini Timnas U-19 sedang fokus melakukan TC di Jakarta sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 bulan Oktober 2020 di Uzbekistan.

Para pemain pun terus digembleng pelatih Shin Tae-yong untuk raihan hasil terbaik di turnamen tersebut. Apalagi pada tahun 2021, Timnas U-19 akan berlaga di ajang bergengsi Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Indonesia.

“Saat ini kami terus mengasah kemampuan pemain jelang mengikuti turnamen Piala AFC U-19. Coach Shin Tae-yong terus memberikan berbagai menu latihan kepada pemain. Selanjutnya sebelum ke Piala AFC U-19 di Uzbekistan, kami akan melaksanakan TC di luar negeri terlebih dahulu,” tambah Indra Sjafri.

Pada ajang Piala AFC U-19 2020, Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. Pertandingan perdana timnas U-19 akan melawan Kamboja pada 14 Oktober mendatang. Selanjutnya melawan Iran 17 Oktober dan menantang tuan rumah Uzbekistan pada 20 Oktober.(HS)

Pemain Asing Usai Muda yang Sudah Seleksi di Klub Indonesia:

1. Pedro Henrique Bartoli Jardim (Striker) didatangkan untuk seleksi di Arema FC.

2. Hugo Guilherme Correa Grillo (Defender) didatangkan untuk seleksi di Arema FC.

3. Thiago Apolinario Pereira (Midfielder) didatangkan untuk seleksi di Persija.
4. Maike Henrique Irine de Lima (Midfielder) didatangkan untuk seleksi di Persija.

5. Robert Junior Rodrigues Santos (Striker) didatangkan untuk seleksi di Madura United.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.