Isemantic Udinus 2020 Wadahi Para Peneliti untuk Saling Bertukar Informasi

Prof Masanori Kakimoto, dari Universitas Teknologi Tokyo, salah satu penbicara yang dihadirkan dalam International Seminar on Application for Technology of Information and Communication (Isemantic), Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Sabtu (19/9/2020).

 

HALO SEMARANG – International Seminar on Application for Technology of Information and Communication (Isemantic), Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, memberikan wadah bagi para peneliti maupun dosen untuk saling bertukar gagasan dalam mengadapi digital distruption.

Acara Isemantic 2020 bertemakan IT Challenges for Sustainability, Scalability, and Security in the Age of Digital Disruption’ diselenggarakan pada 19-20 September 2020.

Kegiatan yang diikuti ratusan peserta tersebut dihadiri oleh pembicara dari mancanegara maupun dalam negeri.

Tiga pembicara tersebut yakni Prof Zainal A Hasibuan, PhD, profesor di Universitas Dian Nuswantoro Semarang dan Dr Nirmal Nair BE, ME, PhD, Associate Profesor dari University of Auckland.

Narasumber terakhir yakni Prof Masanori Kakimoto, merupakan profesor di Universitas Teknologi Tokyo, sekaligus Guru Besar Asosiasi Jepang di Universitas Auckland.

Pada Isemantic kali ini, kegiatan diadakan seacra daring melalui Zoom maupun Youtube.

Ketua Isemantic 2020, Dr M Arief Soeleman MKom mengatakan, pemilihan tema yang menyinggung perkembangan teknologi saat ini sangat bermanfaat bagi seluruh kalangan.

Menurutnya gangguan digital bukan suatu hal yg harus dihindari, namun harus dihadapi.

Dia juga menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memeprtemukan mahasiswa, profesional, hingga peneliti di satu forum untuk membahas mengenai hasil paper.

Dia juga menjabarkan berbagai topik yang terdapat dalam Isemantic 2020. Topik tersebut yakni mengenai Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Teknologi Listrik dan Elektronik, Teknologi E-computing, Teknologi untuk Studi Bahasa dan Sastra, dan Teknologi E-health.

“Melalui kegiatan ini dapat menemukan tren penelitian terbaru. Terdapat 111 paper yang akan dipaparkan dan telah diterima. Penerimaan paper itu sebelumnya telah melalui seleksi, dilihat dari kesesuaian dengan topik dan sebagainya,” jelas dia.

Paper yang telah diterima, nantinya akan dipublikasikan melalui Institute Electrical and Electronic Enginneers (IEEE) dan akan terindeks discopus.

“Scopus ini sangat diminati oleh peneliti, ilmuan dan profesional. Kegiatan ini sangat ditunggu oleh para peserta,” ungkap dia.

Sementara itu, Prof Masanori Kakimoto membahas mengenai perkembangan dunia teknologi grafik dan visual.

Menurutnya perkembangan teknologi tersebut terus berkembang sangat pesat.

Dia juga menjelaskan simulasi secara visual yang terdapat pada perkembangan teknologi grafik, dan visual membantu manusia dalam melihat fenomena yang ada.

“Menggali lebih dalam mengenai dunia teknologi komputer grafik dan visual sangatlah menyenangkan. Teknologi ini akan sangat membantu dalam perkembangan kehidupan manusia,” jelas dia.

Pada sesi paralel, para peserta nantinya akan mempresentasikan satu-persatu mengenai paper yang mereka buat di depan para panelis.

Isemantic sendiri merupakan kegiatan rutin yang diadakan tiap tahun yang berfungsi untuk mewadahi para peneliti, dosen dan lainnya untuk saling bertukar informasi melalui penelitian.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.