Instalasi Bedah Sentral Terpadu RSUD Boyolali Beroperasi Pertengahan Desember

Instalasi Bedah Sentral (IBS) Terpadu Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang (RSUDPA) Boyolali. (Foto: Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang (RSUDPA) Boyolali, kini memiliki Instalasi Bedah Sentral (IBS) Terpadu. Gedung dua lantai dengan luas bangunan 3.000 meter persegi ini, berdiri di atas lahan 1.500 meter persegi, dan akan beroperasi pertengahan Desember.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan RSUDPA Boyolali, Astrid Fitriyan Purwandari, mengatakan lantai pertama akan digunakan untuk ICU, terdiri atas 12 ruang. Fasilitas yang disediakan yakni oksigen sentral, suction sentral, monitor, dan ventilator.

Ruang HCU yang berjumlah empat ruang, juga memiliki fasilitas serupa, ditambah dengan berbagai fasilitas untuk pasien yang membutuhkan perawatan intensif. Selain kedua ruangan tersebut, ada pula ruangan yang dimanfaatkan sebagai ruang isolasi airborne.

“Di lantai dua nanti ada tujuh ruang operasi,” kata dia seperti seperti dirilis Boyolali.go.id.

Adapun tindakan operasi yang bisa dilakukan, antara lain bedah umum, bedah ortopedi, bedah urologi, THT, bedah mulut, operasi katarak dengan faeco, operasi kebidanan dan kandungan, serta tindakan endoskopi dan bronkoskopi.

Gedung baru itu juga dilengkapi peralatan pendukung, di antaranya meja operasi khusus orthopedi, URS (uretero renoscopy), laser urologi dan C-arm, X ray stationery digital, treadmill, Hepafilter, alat kultur darah, dan alat sensitivitas mikroba otomatis.

Pembangunan fasilitas yang menghabiskan anggaran Rp 26 Miliar ini, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Boyolali. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.