in

Inovasi Pelayanan Pasien, RSUD Soewondo Kendal Resmikan Poliklinik Sore dan E-Rekamedik

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki saat meresmikan Poliklinik Sore dan E-Rekamedik di RSUD Dr Soewondo Kendal, Selasa (16/8/2022)

HALO KENDAL – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, RSUD Dr Soewondo Kendal melaunching layanan Praktek Polinik Sore dan E-Rekamedik, Selasa (16/8/2022).

Launching dilakukan oleh Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, dan dihadiri Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Parno, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Hudi Sambodo, serta Direktur RSUD Dr Soewondo Kendal, dr Saikhu.

Usai melaunching, Wabup yang akrab disapa Pakde Bas tersebut berharap, dengan diresmikannya layanan poliklinik sore di RSUD Dr Soewondo, bisa memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Pelayanan prima dalam konteks pelayanan manajemen rumah sakit, katanya, berarti pelayanan yang diberikan kepada pasien harus berdasarkan standar kualitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien yang cepat dan tepat.

“Dengan pelayanan prima yang cepat dan tepat, sehingga pasien memperoleh kepuasan karena terlayani dengan baik, yang akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan kepada rumah sakit ini,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Dr Soewondo Kendal, dr Saikhu menjelaskan, launching ini sebagai inovasi dan terobosan yang dilakukan pihaknya dalam memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang tidak sempat berobat.

“Terutama untuk masyarakat yang butuh layanan tidak bisa datang pagi hari, akhirnya kita penuhi dengan layanan sore hari. Karena tidak semua masyarakat bisa datang pagi hari,” jelasnya.

Sementara untuk launching rekam medis elektronik yang rawat inap, menurut Saikhu, merupakan program dari pemerintah, supaya segala pelayanan harus melalui digitalisasi.

“Karena yang lain, yang rawat inap maupun penunjang semua sudah menggunakan digitalisasi. Tinggal ini yang menjadi PR (pekerjaan rumah) yang terakhir. Dengan adanya rawat inap yang digitalisasi, semua layanan di sini sudah digitalisasi,” ungkapnya.

“Harapannya ke depan semua sudah paperless atau meminimalisir penggunaan kertas. Jadi untuk resep maupun rekam medis sudah elektronik semua3a,” imbuh Saikhu.

Dirinya juga menjelaskan, saat ini untuk pendaftaran pasien di RSUD Dr Soewondo ada empat jalur pelayanan. Yakni lewat aplikasi, lewat whatsapp, lewat langsung dan anjungan.

“Karena masih masa transisi. Apalagi banyak masyarakat yang belum familier dengan aplikasi. Harapan ke depan ya semua pendaftaran lewat aplikasi,” ujar Saikhu.

Dalam launching layanan Poliklinik Sore ini, untuk sementara baru ada tujuh layanan, yakni klinik jiwa, klinik dalam, klinik bedah, klinik jantung, klinik urologi, klinik gigi dan klinik kulit.

“Harapannya ke depan bisa semua. Karena ada beberapa dokter yang terlanjur praktek di swasta. Kalau sudah selesai diharapkan bisa bergabung dengan kami,” pungkas Saikhu. (HS-06)

Dewan Dorong Peningkatan Jalan Protokol Terus Dilakukan DPU

Jokowi Pidato Kenegaraan 2022, Ganjar: Saya Mendengar Spirit Optimisme Anak Bangsa