Inilah Sambutan Pertama Dico Ganinduto di Rapat Paripurna DPRD Kendal

Rapat Paripurna DPRD Kendal di Gedung Rapat Paripurna DPRD Kendal, Senin (1/3/2021).

 

HALO KENDAL – Rapat Paripurna DPRD Kendal dengan agenda Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pelaksana Harian (PLH) Bupati Kendal kepada Bupati dan Wakil Bupati Kendal dan Sertijab Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal masa jabatan tahun 2021-2026, di Gedung Rapat Paripurna DPRD Kendal, Senin (1/3/2021).

Di hadapan Pimpinan DPRD Kendal dan Anggota DPRD Kendal, Bupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan, sehingga bisa menjadi pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kendal masa jabatan 2021-2026.

“Saya dan Pak Basuki memohon restu dari seluruh masyarakat Kendal. Dengan segenap doa dan ikhtiar, serta dengan semangat mengandalkan kekuatan, kekuasaan, dan kepintaran sumber daya manusia. Tentu dengan semangat ini kita akan mampu meningkatkan kondisi ekonomi, sosial, dan lingkungan di Kendal,” ungkapnya.

Bukan hanya untuk lima tahun ke depan, lanjut Dico, tetapi hingga masa-masa mendatang.

“Kita semua punya mimpi, untuk membawa Kendal ke arah yang lebih baik. Namun, ini bukan hal yang mudah untuk membawa Kendal menjadi lebih handal. Perlu kerja keras, semangat, dan pengorbanan dari seluruh lapisan masyarakat, agar semua bisa bersinergi,” tambah Bupati yang baru berusia 31 tahun tersebut.

Menurut Dico, banyak pembenahan yang harus diIakukan. Seperti yang diketahui bersama karena saat ini sedang bertempur melawan Covid-19. Virus yang massif dan bisa menyerang siapa saja yang lengah terhadap protokol kesehatan.

“Begitu banyak tenaga kesehatan berguguran berjuang di garda terdepan. Maka semua harus bergerak dan ambil bagian dalam memutus mata rantai penyebaran virus ini. Untuk itu, kita harus patuhi protokol kesehatan dan optimistis bahwa dengan vaksin insya-Allah aman. Dan kita yang berada di garda pemerintahan, akan terus berusaha, memproduksi kebijakan-kebijakan terbaik. Agar seluruh masyarakat Kendal selalu dalam keadaan sehat walafiat,” tuturnya.

Dico juga menyampaikan, Kendal baru saja dihadapkan oleh musibah banjir yang juga menimpa sebagian provinsi Jawa Tengah.

Untuk itu, perbaikan saluran air, pengerukan sungai dan penghijauan daerah tangkapan air adalah hal-hal teknis yang akan dilakukan.

Selain itu, tugas besar yang harus diIakukan bersama adalah shifting mindset atau mengubah pola pikir masyarakat, agar cinta terhadap Iingkungannya.

Yaitu tidak membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan.

“Belum lagi permasalahan infrastruktur, yang menuntut kita bergerak cepat. Kita harus berlari kencang untuk menangani permasalahan infrastruktur. Koordinasi antara daerah, provinsi dan pusat adalah hal yang tidak bisa ditawar lagi. Sudah bukan saatnya, pergerakan kita dibatasi karena limitasi anggaran. lnilah saat terbaik untuk kita menjadi terampil dan kreatif dalam mencari sumber pendanaan Iain selain mengandalkan APBD,” tambah Dico.

Mengenai masalah pertanian, dirinya mengungkapkan, bahwa banyak petani yang belum sejahtera dan kesulitan mendapatkan akses terhadap pupuk.

“Ini sangat ironis, mengingat potensi pertanian yang ada di Kabupaten Kendal. Keberadaan program-program serta kebijakan yang menyejahterakan petani harus terus kita dorong. Jangan malu dan ragu untuk bekerja sama dengan pihak-pihak potensial, dan kolaborasi multisektor serta multiaktor menjadi hal mutlak yang harus dilakukan,” tandas Dico.

Menurutnya, sebagai manusia yang hidup 25 tahun Iebih awal, harus bisa mempersiapkan dengan baik. Pastikan, katanya, segala aspek kehidupan dapat berjalan sebagaimana mestinya dan dirasakan para penerus.

“Pembenahan yang cepat dan tepat harus menjadi identitas. Jadi sudah tidak mungkin berpangku tangan,” katanya.

“Ada pepatah lnggris mengatakan, you reap what you sow, apa yang kamu tanam itu yang kamu petik. Apa yang kita lakukan sekarang, adalah anak cucu kita kelak yang merasakan dampaknya. Dua puluh Iima tahun dari sekarang, atau pada tahun 2045 tepat 100 tahun setelah Indonesia merdeka. Adalah gerbang baru bagi kehidupan bermasyarakat,” ungkap Dico.

Selain itu, Bupati Kendal juga menyampaikan visi misi pembangunan Kabupaten Kendal selama 5 tahun ke depan. Yakni, Kendal Handal, Unggul, Makmur, dan Berkeadilan.

Untuk mewujudkan visi tersebut, ia memaparkan bahwa terdapat lima misi besar yang akan diIaksanakan bersama. Pertama, mewujudkan Kendal sebagai pusat industri dan pariwisata, dengan penguatan Industri Kecil, dan UMKM, juga mendorong berkembangnya ekonomi kreatif.

Kedua, mewujudkan SDM yang siap menghadapi era industri 4.0. Ketiga, mewujudkan kehidupan bermasyarakat, yang harmonis. Keempat, mewujudkan pembangunan infrastruktur yang mantap, merata dan berkeadilan.

Yang kelima adalah, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel, bebas korupsi, dan memberikan ruang luas bagi partisipasi masyarakat.

“Melalui visi-misi inilah yang lnsya-Allah kami akan jadikan pedoman, untuk memimpin Kabupaten Kendal ke arah yang Iebih baik. Selain itu dalam menjalankan visi dan misi nanti, kami memiliki beberapa fokus yang ingin dikembangkan di Kabupaten Kendal ke depannya,” paparnya.

Fokus-fokus tersebut, kata Dico, diantaranya Dana Dusun 100 sampai 300 juta per Dusun, tunjangan kematian, peningkatan kualitas dan kuantitas UMKM, pengembangan pariwisata Kendal, optimalisasi kawasan industri, dan peningkatan kualitas SDM yang ada di Kendal.

“Selama masa transisi beberapa bulan silam, kami telah berlari cepat untuk memetakan potensi serta permasalahan yang ada di Kabupaten Kendal tercinta ini. Alhamdulillah, kami juga telah menyusun beberapa program unggulan yang Insya-Allah akan kami kejar dalam waktu dekat,” kata Dico.

Program-program tersebut di antaranya, Pengembangan Sports Tourism dan Digitalisasi UMKM, Revitalisasi Alun-Alun dan RTH, Revitalisasi Pasar Weleri, Mal Pelayanan Publik, Pembenahan lnfrastruktur, Penataan Kawasan Industri, Aktivasi Kartu Tani, Peningkatan Kualitas SDM sebagai generasi 4.0, dan Command Center yang terintegrasi dengan call center untuk memonitor pembangunan dan permasalahan yang ada di Kendal.

Ia meyakini, dengan adanya program unggulan, bisa bersama-sama menciptakan Kabupaten Kendal yang handal, unggul, makmur dan berkeadilan.

“Untuk itu kami mengajak semuanya agar bersama-sama, bahu membahu, membangun Kendal tercinta dengan bekerja sama yang baik, keterbukaan serta kepercayaan, antara pemerintah dan masyarakat adalah kunci keberhasilan pembangunan,” harapnya.

Dico juga berpesan, agar masyarakat tidak sungkan untuk memberikan informasi, kritik, dan saran kepada Pemkab Kendal Iewat kanal-kanal yang telah disediakan.

Selain itu, juga mengajak seluruh lapisan masyarakat, baik yang berada di dalam maupun di luar pemerintahan untuk mensukseskan program-program yang ada.

“Bersama-sama kita wujudkan visi pembangunan daerah yang handal, unggul, makmur dan berkeadilan. Mari kita kerja cepat, kerja cerdas dan kerja ikhlas,” ujarnya.

Sebagai penutup dirinya kembali mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan selama ini. Dico berharap, dengan pengabdian dan karya baik menjadi amal ibadah dan mendapat pahala dari Allah SWT.

“Semoga Allah Subhanahu Wata’ala, senantiasa memberikan kita kesehatan, petunjuk, kemudahan dan meridhoi setiap niat baik kita dalam membangun Kabupaten Kendal yang lebih maju dan sejahtera,” tutup Bupati Kendal Dico Ganinduto mengakhiri sambutan pidatonya dalam Rapat Paripurna DPRD Kendal.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.