Inilah Referensi Tempat Makan Enak Di Kendal

Aneka masakan mangut yang tersaji di warung makan mangut area Jalan Pasar Kendal.

 

BAGI para penikmat kuliner, selalu ingin merasakan pengalaman baru saat mendatangi suatu daerah. Yakni dengan merasakan cita rasa makanan lokal di daerah yang dikunjungi.

Bukan hanya dari segi rasa, tapi juga penyajian yang berbeda, ide-ide kuliner, serta bahan-bahan makanan bisa menambah referensi kuliner baru.

Inilah referensi tempat makan enak di Kendal versi halosemarang.id.

1. Warung Mangut Pasar Kendal

Tentu anda tidak asing dengan masakan olahan ikan ini. Ada beragam olahan mangut, dari bahan ikan pari, ikan sembilang atau ikan manyung, dan bahkan mangut belut.

Orang biasa mencari bagian kepala ikan atau yang kadang disebut Ndas Manyung. Karena untuk bagian badan, biasanya yang dimangut adalah ikan pari.

Nah, kalau kamu penasaran dengan rasa nikmat mangut dan ndas manyung atau olahan ikan lainnya, bisa datang ke warung prasmanan di kios area Jalan Pasar Kendal.

Dengan konsep warung sederhana, di sini terdapat banyak olahan mangut. Selain mangut manyung, di warung ini juga ada mangut welut, belanak goreng, cumi-cumi, gimbal urang dan olahan masakan lain, dengan harga yang merakyat.

2. Rica-rica Mentok Mbak Yum

Jika anda penikmat makanan pedas, anda bisa datang ke rica-rica Mbak Yum, yang berlokasi di pertigaan Desa Randusari, Kecamatan Rowosari.

Daging Mentok rasanya yang kuat dan tidak berbau, begitu spesial saat disantap. Ditambah rasa gurih dan pedas, membuat rica-rica mentok di sini layak dicoba.

Meski banyak olahan rica-rica di berbagai daerah, jika sedang berada di Kota Kendal, anda wajib mencoba rica-rica entok Mbak Yum. Di sana ada kombinasi cita rasa, pedas, asin, manis dan gurih.

3. Bebek Ungkep Mbak Kis

Bagi pecinta kuliner olahan bebek, anda bisa mencoba makanan khas Bebek Ungkep Mak Kiswati atau Mak Kis, di Gang Cempaka Desa Juwiring, Cepiring, Kabupaten Kendal.

Menu andalan kedai tersebut adalah bebek ungkep yang empuk dan kaya akan bumbu serta rempah.

Kelebihan Bebek Ungkep Mak Kis adalah tidak amis, karena diolah khusus dengan bumbu rempah.

Dalam memasaknya pun masih dengan cara tradisional. Mak Kis masih menggunakan tungku api bahan bakar kayu. Sehingga aroma yang dihasilkannya pun beda.

4. Brongkos Alun-alun Sukorejo

Seperti daerah lain, Brongkos Kendal dengan bahan dasar daging sapi, yang diolah dengan bumbu-bumbu rempah khas Kendal, yang menjadikan brongkos Kendal terasa unik dan cita rasanya berbeda dari olahan daging sapi yang lain.

Bukan hanya berisi daging saja, Brongkos Kendal yang lokasinya berada di Sukorejo, tepatnya kanan jalan sebelum Bunderan Sukorejo, ada pelengkap lainnya juga seperti tahu goring, kulit, dan daun melinjo.

Sedangkan untuk kuah, di rumah makan Brongkos Kendal menggunakan kuah santan. Yang membuatnya semakin gurih.

5. Aldila Resto

Aldila Resto, adalah restoran keluarga andalan Kabupaten Kendal, yang lokasinya ada di Jalan Soekarno-Hatta No 20 Kendal.

Ada puluhan pondok-pondok makan yang tersedia di sana. Selain itu tempatnya yang luas dan nyaman untuk kumpul keluarga besar.

Menu andalannya adalah aneka olahan gurame, baik bakar maupun digoreng. Anda juga bisa menemukan gurame yang dimasak dengan aneka bumbu lainnya seperti asam manis, acar, sup, pindang serani, bumbu bali, pecak, dan lain lain.

Ikan Gurame yang disediakan di sini masih fresh, yang dibakar atau digoreng sampai garing.

Untuk sambalnya, tidak perlu khawatir. Anda bisa memilh yang nggak terlalu pedas ataupun juga yang pedas banget.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.