in

Inilah Para Juara Lomba Penulisan Berita Bank Jateng Tahun 2021

Para juri sedang menilai naskah lomba pemberitaan program Bank Jateng, di ruang Sekretaris Perusahaan, Rabu (6/10/2021).

 

HALO SEMARANG – PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah, melaksanakan penilaian lomba penulisan berita bagi 41 kantor cabang Bank Jateng, periode Februari-Juni 2021.

Penulisan berita meliputi kegiatan maupun aktivitas kantor cabang dan cabang pembantu Bank Jateng, di wilayah Jawa Tengah, Jakarta dan Yogyakarta.

Acara penjurian digelar di Ruang Sekretaris Perusahaan Bank Jateng, di Jalan Pemuda 142 Semarang, Rabu (6/10/2021).

Sekretaris Perusahaan Bank Jateng, Herry Nunggal Supriyadi mengatakan, lomba penulisan berita ini merupakan program kerja Bank Jateng tahun 2021.

“Ada tiga juri yang menilai lomba penulisan berita tersebut, yakni Pak Isdianto Isman dari Kedaulatan Rakyat, kemudian Mas Ricky Fitrianto dari media online Jatengtoday dan Mas Hanief dari halosemarang.id,” jelasnya.

Herry memaparkan, ada 15 Kantor Cabang dan cabang pembantu Bank Janteng yang mengirim naskah pemberitaan.

“Di antaranya Cabang Banjarnegara, Blora, Brebes, Cilacap, Karanganyar, Klaten, Kudus, Pemalang, Purwokerto, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Tegal, Wonogiri dan Cabang Pembantu Weleri,” paparnya.

Setelah melalui beberapa penilaian, dewan juri melalui Isdiyato Isman mengumumkan parameter penilaian para peserta lomba penulisan naskah berita.

“Juara pertama diraih Kantor Cabang Wonogiri, runner-up diraih Kantor Cabang Surakarta, dan pemenang ketiga Kantor Cabang Banjarnegara,” terangnya.

Isdianto mengungkapkan, kriteria yang dinilai pertama adalah aspek bahasa jurnalistik. Karena bahasa adalah kekuatan tertinggi dari sebuah tulisan.

“Penilaian bahasa meliputi kepadatan, akurasi, kesederhanaan bahasa dan sebagainya. Jadi dari awal sampai akhir itu yang kita nilai adalah aspek bahasanya,” jelasnya.

Yang kedua menurut Isdianto adalah aspek struktur. Dalam dunia jurnalistik dikenal paramida terbalik, yakni informasi yang terpenting harus dikedepankan.

“Mulai dari judul, teras berita sampai bagian tubuh berita harus lengkap di situ. Terutama aspek 5W plus 1H harus ada. Karena akan terlihat, peserta yang tidak lengkap,” imbuh Isdianto.

Yang ketiga adalah aspek analisa. Menurutnya ini penting, karena menyangkut pesan branding untuk kemajuan Bank Jateng.

“Sehingga bukan hanya sekadar tulisan, tapi harus membawa pesan yang kuat. Syukur bisa disertai data-data yang bisa dikembangkan dalam tulisan. Sehingga bisa menarik pembaca dan membuat tulisan jadi penting untuk dibaca serta bermanfaat,” lanjut Isdianto.

Kemudian yang terakhir adalah penilaian foto. Memang semua naskah yang dikirim ada fotonya. Namun hanya foto yang sesuai kaidah jurnistik yang dinilai.

“Jadi foto harus menyertakan caption atau keterangan foto. Tanpa itu, jadi kurang sempurna,” pungkas Isdianto.(HS)

Share This

Pasar Bulu Semarang Kembali Dipugar, Mau Jadi Bulu Creative Market

Hadirkan Saksi Fakta dan Ratusan Bukti, Mantan Ketua MK Siap Patahkan Gugatan Kubu Moeldoko