Halo Semarang
Take a fresh look at your lifestyle.

Inilah Nama-nama Tokoh Politik yang Berpotensi Tantang Hendi di Pilkada Semarang 2020 Nanti

Foto Soemarmo HS, Dini S Purwono, Sigit Ibnugroho.

 

MENDEKATI Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Semarang 2020, peta politik di Kota Semarang mulai bergeliat. Meski tensinya belum panas, karena beberapa partai seakan masih memanaskan mesin politiknya.

Masih sepinya gerakan partai politik itu dimungkinkan karena pasangan incumbent Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan Hevearita G Rahayu besar kemungkinan akan diusung kembali oleh PDI Perjuangan dan kembali berpasangan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Semarang 2020.

Hal itu tentu membuat partai lain harus berpikir keras untuk bisa bersaing dengan calon incumbent.

Namun tak menutup kemungkinan mulai akhir 2019 akan muncul beberapa nama tokoh politik yang akan maju di Pilwakot Semarang. Siapa saja mereka? inilah daftar tokoh politik yang berpotensi menjadi penantang calon incumbent di Pilwakot Semarang 2020 nanti:

1. Soemarmo HS (PKB)

Politikus lama, yang juga mantan Wali Kota Semarang ini diprediksi akan maju kembali di Pilwakot Semarang 2020. Meski dinilai banyak kalangan karier politik Soemarmo HS “mulai layu”, namun beberapa kalangan masih berpendapat bahwa sosok ini masih memiliki tenaga untuk bersaing menjadi orang nomor satu di Kota Semarang.

Apalagi jabatannya sebagai Ketua DPC PKB Kota Semarang, dengan 4 kursi di DPRD Kota Semarang, Soemarmo HS dimungkinkan akan maju kembali di Pilwakot nanti.
Bekal memimpin partai, pernah bersaing di Pilwakot sebelumnya, serta memiliki pengalaman dan jaringan politik yang baik membuat sosoknya berpotensi besar menjadi penantang calon incumbent Hendrar Prihadi di Pilwakot Semarang 2020.

“Soal Pilwakot saya akan melihat kondisi riil di masyarakat dulu. Memang ada beberapa tokoh yang mendorong saya untuk maju lagi. Tapi jika masyarakat tak menghendaki, lalu buat apa saya mencalonkan diri kembali. Kita lihat dulu perkembangan ke depan,” katanya saat ditanya soal potensi dirinya untuk maju di Pilwakot Semarang 2020.

2. Dini S Purwono (PSI)

Nama Dini S Purnomo memang masih asing bagi sebagian besar masyarakat Kota Semarang. Namun wanita kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang lahir di Jakarta, 29 April 1974 dan pernah berhasil meraih gelar master di bidang hukum keuangan internasional dari Harvard Law School (LLM, 2002) dengan dukungan beasiswa Fulbright Scholar tersebut, berpotensi untuk maju di Pilwakot Semarang 2020.

Apalagi DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Semarang siap untuk mengusungnya guna bersaing dengan calon lain di Pilwakot Semarang 2010 nanti. Ketua DPD PSI Kota Semarang, Ferdian Fajar mengatakan, meski hanya memiliki dua kursi di DPRD Kota Semarang, pihaknya akan mengusung kader internal untuk maju di Pilwakot 2020.

“Kader potensial yang akan kami dorong untuk maju yaitu Dini S Purwono. Meski kami sadar hanya memiliki keterwakilan dua kursi di DPRD Kota Semarang,” tegasnya.

3. Sigit Ibnugroho

Tak lagi menjabat sebagai ketua DPC Gerindra Kota Semarang, Sigit Ibnugroho masih digadang-gadang untuk meramaikan peta politik Kota Semarang. Apalagi, meski akhirnya gagal dilantik jadi anggota DPR RI, dirinya sebenarnya memiliki suara terbanyak dari caleg Partai Gerindra yang maju di Pileg 2019 lalu di Dapil 1 Jateng (Kota Semarang, Kendal, Salatiga, dan Kabupaten Semarang).

Namun, sayangnya dia tidak bisa merasakan pelantikan jadi DPR RI karena posisinya sebagai caleg dengan perolehan suara terbanyak, digantikan Wakil Ketua Umum DPP Gerindra, Sugiono yang juga maju dari Dapil 1 Jateng. Padahal, dalam Pileg, suara Sigit lebih tinggi, yaitu 38.869 suara, sedangkan Sugiono 31.259 suara.

Namun sayangnya, saat dimintai keterangan soal kemungkinan dirinya untuk maju di Pilwakot Semarang 2020, Sigit enggan berkomentar. Apalagi saat ini dia masih belum memiliki partai, setelah dia “ada masalah” dengan partainya dulu, Gerindra.

4. Yoyok Sukawi

Politikus muda ini sebenarnya menjadi salah satu rival terberat incumbent jika dia maju di Pilwakot Semarang 2020. Memiliki bassis massa dari kalangan sepak bola, Yoyok Sukawi merupakan politikus muda yang bisa dikatakan sukses.

Memiliki darah politik dari ayahnya, Sukawi Sutarip, Yoyok Sukawi mulai dikenal sebagai tokoh sepak bola Kota Semarang dan anggota DPR RI dari Dapil Jawa Tengah.

Sayangnya dalam beberapa kesempatan dia mengaku enggan untuk maju di Pilwakot Semarang 2020. Apalagi partainya, Demokrat Kota Semarang telah menyatakan untuk mendukung Hendrar Prihadi dan Hevearita G Rahayu untuk maju kembali di Pilwakot Semarang.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Semarang, Wahyoe “Liluk” Winarto mengatakan, dalam gelaran Pilwakot Semarang 2020, Partai DPC Demokrat Kota Semarang berkomitmen untuk kembali berkolaborasi dengan PDI Perjuangan, yakni dengan mengusung pasangan Hendi-Ita (Hendrar Prihadi dan Hevearita G Rahayu).

“Partai Demokrat pada Pilwakot 2015 lalu mendukung calon dari PDI Perjuangan Hendi-Ita. Dan untuk Pilkada 2020 ini kami tetap berkomitmen untuk tetap berkolaborasi lima tahun ke depan, yakni mengusung pasangan Hendi-Ita untuk kembali maju,” katanya, Selasa (24/9/2019).(HS)

bawah-berita-dprd-semarang