Ini Rekomendasi Lima Mi Ayam Enak di Semarang

Mi Ayam Lada Hitam Si Jonti.

 

MI AYAM atau bakmi ayam adalah masakan Indonesia yang terbuat dari mi kuning direbus mendidi bersama sawi, kemudian ditaburi ayam, daun bawang, dan dilengkapi dengan saus tomat dan kecap.

Mi ayam terkadang ditambahi dengan bakso, pangsit, dan jamur. Mi berasal dari Tiongkok, tetapi mi ayam yang serupa di Indonesia tidak ditemukan di Tiongkok.

Menyantap mi ayam sepertinya sudah hal yang lazim bagi masyarakat Indonesia.

Terbukti dari banyaknya penjual mi ayam di pinggir jalan hingga di pusat perbelanjaan modern. Penggemarnya pun dari berbagai kalangan, kelas bawah hingga menengah ke atas.

Seperti halnya, Kota Semarang, hampir semua kedai maupun warung mi ayam dikunjungi para penyuka masakan mi. Dan inilah rekomendasi mi ayam enak di Semarang versi halosemarang.id:

1. Mi Ayam Lada Hitam Si Jonti

Dengan konsep kaki lima, mi ayam lada hitam Si Jonti sudah banyak dikenal masyarakat Semarang.

Jika biasanya topping mie ayam dibumbu kecap, kali ini penjual menambahkan lada hitam. Mi ayam lada hitam ini memiliki sensasi rasa yang berbeda.

Rasa pedas mi cenderung light. Kalau “level” pedas ini sudah cukup, kamu nggak perlu lagi menambahkan sambal.

Tampilan dan komposisi mi ayam ini sama dengan mi ayam konvensional. Ada mi, sawi, serta taburan daun bawang dan ada menu tambahan ceker lada hitam.

Mi Ayam Lada Hitam Si Jonti ada di Jl Durian Barat no. 31 Semarang Selatan.

2. Mi Ayam Gajah Jaya

Mungkin warga Semarang dan sekitarnya sudah tak asing lagi dengan kuliner yang satu ini.

Mie Ayam Gajah Jaya punya berbagai pilihan topping yang menggugah selera mulai dari pangsit, telur, maupun ceker ayam yang lezat.

Tempat ini juga sering disebut Bakmi Tong Hien karena lokasinya berada di depan toko swalayan Tong Hien. Jenis mi ayam yang ditawarkan adalah mi ayam Jakarta, dengan ciri kuah yang dipisah.

Sehingga pembeli bisa menuangkan kuah sesuai selera. Mi Ayam Gajah Jaya beralamat di Jalan Sultan Agung Nomor 129 A Semarang.

3. Bakso So’un dan Mi Ayam

Menempati bangunan kuno berpelataran luas di Jalan Sompok Lama no 21 Semarang, Bakso So’un dan Mi Ayam ini menawarkan hidangan mi ayam yang memiliki cita rasa.

Tidak hanya mi ayam, kedai Bakso So’un dan Mi Ayam ini juga menyajikan Bakso so’un urat dan daging, bakso so’un daging, bakso soun urat dan pastinya mi ayam. Kedai ini tiap hari nampak ramai oleh pengunjung.

Meski harganya relatif mahal untuk standar harga mi ayam di Kota Semarang, namun Mi Ayam So’un menjadi salah satu pilihan kuliner mi ayam yang patut dicoba.

4. Mi Ayam Pak Min Mugas

Mie Ayam Pak Min yang berada di Jalan Pandanaran II Nomor 2 terkenal dengan mie ayamnya yang kenyal namun tidak medok khas mi ayam Jakarta.

Di lokasi yang cukup sederhana di jantung Kota Semarang, nyaris tak pernah sepi dari pembeli.

Terdapat beragam variasi mi ayam dengan pilihan aneka menu sampingan seperti pangsit rebus atau pangsit kuah, hingga bakso. Mie Ayam Pak Min Jalan Pandanaran buka setiap hari mulai pukul 11.00-21.00.

5. Mie Ayam Argopuro

Mi Ayam Argopuro hampir tidak pernah sepi pengunjung. Berlokasi di Jalan Argopuro, Gajahmungkur Semarang, hanya menyajikan mi ayam tanpa bakso.

Meski demikian, sebagai pelengkap, di warung ini menyediakan ceker dan kepala ayam.

Ceker dan kepala ayam ini, menjadi daya tarik bagi pecinta kuliner. Biasanya, pelengkap ceker itu akan disantap bareng mi ayam sehingga menambah cita rasa.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.