Ini Lima Rekomendasi Lapangan Sepak Bola di Kota Semarang

Stadion Citarum Semarang.

 

KETERSEDIAAN sarana dan prasarana olahraga, terutama lapangan sepak bola merupakan salah satu upaya untuk mendongkrak prestasi sepak bola di Kota Semarang.

Karena melalui ketersediaan lapangan sepak bola, masyarakat bisa melakukan aktivitasnya, baik untuk hobi maupun untuk mreaih prestasi melalui klub.

Berikut ini lima rekomendasi halosemarang.id untuklapangan sepak bola di Kota Semarang yang bisa digunakan masyarakat.

Stadion Citarum

Stadion Citarum ini merupakan homebase PSIS di Liga 1 musim 2020. Stadion yang berlokasi di depan RS Pantiwilasa ini sudah direnovasi beberapa tahap.

Terlebih, Pemerintah Kota Semarang sudah “menyulap” Stadion Citarum dengan menghadirkan lapangan berumput sintetis bersertifikat FIFA.

Ini tentunya perubahan mencolok, karena sebelumnya lapangan Stadion Citarum masih rumput alami. Kini kondisi lapangan Citarum termasuk istimewa.

Renovasi itu membuat stadion yang berusia lebih dari 30 tahun memiliki kualitas bagus, mulai perbaikan rumput sintetis, lampu stadion, hingga tribun penonton yang berstandart nasional.

Tribun Stadion Citarum hanya menyediakan 5.000 kursi penonton saja.

Namun soal kualitas rumput sintetis, menjadi salah satu yang terbaik di Kota Semarang karena telah berstandar FIFA.

Lokasi stadion ini cukup strategis, mengingat berada di Jalan Citarum Raya sehingga mudah diakses masyarakat yang akan datang ke lapangan tersebut. Dalam perjalanan waktu stadion ini disewakan untuk umum dengan harga sewa Rp 3 juta (malam hari), Rp 2 juta (sore hari), Rp 1,5 juta (pagi hari).

Lapangan Terang Bangsa

Lokasi lapangan Terang Bangsa cukup dekat dari PRPP Jawa Tengah dan Pantai Marina Semarang.

Lapangan Terang Bangsa terletak di Jl Arteri Utara, Kompleks Sekolah Terang Bangsa Semarang di Grand Marina, Semarang.

Lapangan Terang Bangsa merupakan lapangan SSB terbaik di Jawa Tengah saat ini. Tidak heran jika tim-tim profesional seperti PSIS pernah merasakan nyamannya rumput di Terang Bangsa untuk program training center (TC) sebelum kompetisi.

Fasilitas lapangan Terang Bangsa ini cukup berkualitas. Hal ini terlihat mulai dari rumput dan sejumlah fasilitas lainnya cukup berkualitas. Di sini, ada tiga lapangan yang meliputi satu lapangan normal, satu lapangan mini, dan satu lapangan khusus untuk latihan penjaga gawang.

Lapangan ini disewakan dengan harga Rp 650.000 (update terakhir saat pandemi Covid-19).

Stadion Diponegoro

Stadion Diponegoro ini yang berlokasi di Jalan Ki Mangunsarkoro Semarang, mungkin salah satu stadion tua di Kota Semarang. Stadion ini memiliki fasilitas lapangan sepak bola tepat di tengah velodrome (lintasan sepeda).

Lapangan sepak bola ini dibangun sekitar tahun 1930-an. Selain untuk aktivitas sepak bola dan lintasan balap sepeda, di stadion ini juga di sediakan lintasan untuk atletik.

Setelah lama tak terurus karena kerap dijadikan lokasi konser musik, dan membuat rumput lapangan rusak, kini pengelola mulai melakukan perawatan.

Saat ini kualitas rumput lapangan sudah mulai baik dan layak untuk pertandingan. Lapangan ini pun disewakan dengan harga Rp 300.000.

Lapangan Mardi Sunarto (Lapangan Telo)

Lapangan Mardi Sunarto atau biasa disebut Lapangan Telo ini memiliki rumput yang lumayan bagus dan lokasinya terletak di kawasan Banyumanik Kota Semarang.

Kondisi rumput di lapangan ini sangat terawat, mengingat pada kompetisi Liga 1 2020 Lapangan Telo juga menjadi salah satu lapangan latihan PSIS.

Meski standar lapangan kampung, tapi Lapangan Telo memiliki fasilitas rumput yang bisa dikatakan berkualitas.

Selain memiliki rumput yang lumayan bagus, lapangan ini beberapa kali diperbaiki, baik standar ukuran, gawang, dan drainase.

Lapangan tersebut, digunakan masyarakat di kawasan Banyumanik dan sekitarnya untuk berlatih olahraga. Untuk bisa menyewa lapangan ini harga harus negosiasi dengan pengelola, karena kerap dipakai latihan PSIS.

Lapangan Sidodadi

Meski kondisi lapangan dan rumputnya kurang bagus, namun Lapangan Sidodadi tetap kami masukkan dalam rekomendasi lapangan sepak bola yang bisa digunakan untuk masyarakat.

Karena hal itu terkait sejarah perkembangan sepak bola di Kota Semarang.

Lapangan Sidodadi mungkin salah satu lapangan sepak bola tertua di Kota Semarang bersama Stadion Diponegoro. Tidak sedikit sejumlah klub sekolah sepak bola (SSB) di Kota Semarang menggunakan lapangan tersebut.

Lapangan Sidodadi ini lokasinya cukup stratagis, yaitu di Jalan Taman Maluku No 13, Karangtempel, Semarang Timur, Kota Semarang. Untuk sewa lapangan Rp 300.000.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.