in

Ini Jawaban Bupati, Atas Nota Keuangan Rancangan Perubahan APBD 2021 Kabupaten Kendal

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Paripurna DPRD Kendal, Rabu (25/8/2021).

 

HALO KENDAL – Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kendal tentang penyampaian jawaban Bupati Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kendal terhadap Nota Keuangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021, Rabu (25/08/2021).

Kegiatan rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kendal, Suyuti, dan diikuti Wakil Ketua DPRD lainnya beserta Anggota DPRD Kendal.

Turut hadir mengikuti acara itu Sekda Kendal, Moh Toha, Forkopimda Kendal, para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Setda Kendal, serta Para Pimpinan OPD se-Kabupaten Kendal, dan Pimpinan BUMN/BUMD melalui Daring.

Dalam sambutannya, Dico menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota dewan, melalui juru bicara fraksi masing-masing yang pada hari Selasa, (24/8/2021) berkenan penyampaikan Pemandangan Umum terhadap Nota Keuangan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2021.

“Baik berupa pertanyaan, saran, masukan, apresiasi, kritik, dorongan dan motivasi terhadap upaya dan kinerja yang telah Pemerintah Kabupaten capai dan rencana kegiatan ke depan,” tuturnya.

Menurut Dico, jawaban tertulis terhadap seluruh Pemandangan Umum tersebut telah ia siapkan dalam bentuk cetak dan sudah tersedia di meja masing-masing Anggota Dewan.

“Yang pertama, Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 mengalami penurunan baik dari segi pendapatan daerah maupun belanja daerahnya, hal ini terjadi dikarenakan adanya bencana non alam pandemi virus Corona Disease 2019 (Covid-19) yang sampai saat ini masih kita rasakan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Sehingga, lanjut Dico, berpengaruh kepada penurunan pendapatan, terutama dari dana transfer pemerintah pusat. Hal ini dikarenakan adanya rasionalisasi anggaran dan refocusing kegiatan yang imbasnya pada penyesuaian belanja.

“Kedua, perwujudan visi dan misi Kepala Daerah yang dituangkan dalam RPJMD untuk mewujudkan Kabupaten Kendal menjadi pusat industri dan pariwisata di Jawa Tengah, dengan mengoptimalkan potensi dan keunggulan daerah untuk mendorong kemandirian ekonomi daerah,” imbuh Dico.

Kemudian meningkatkan kesejahteraan, mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan, penguatan industri kecil dan menengah/UMKM, pengembangan pariwisata, serta mendorong berkembangnya ekonomi kreatif (startup) dilaksanakan pemerintah daerah pada peningkatan iklim investasi yang kondusif.

“Hal ini difokuskan pada sasaran untuk peningkatan kualitas pelayanan investasi daerah dengan indikator sasaran berupa ketersediaan data potensi peluang investasi, dan perbaikan berkelanjutan kualitas pelayanan perizinan,” ungkap Bupati Kendal.

Selanjutnya yang ketiga, sebagai upaya recovery akibat pandemi Covid-19 yang membuat pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kendal tertunda, akan tetap diprioritaskan pada kegiatan-kegiatan yang berbasis pada masyarakat.

“Yaitu dengan peningkatan infrastruktur yang mendukung perekonomian, perbaikan dan peningkatan kualitas infrastruktur jalan di wilayah pertanian, peningkatan sarana prasarana permukiman perdesaan,” jelas Dico.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan peningkatan konektivitas antar-wilayah melalui peningkatan jaringan jalan yang memiliki trayek angkutan, meningkatkan sarana prasarana perhubungan, kualitas perlengkapan lalu lintas, meningkatkan manajemen lalu lintas serta meningkatkan teknologi dalam smart transportasi.

“Sehingga diharapkan dapat menumbuh kembangkan kesejahteraan semua elemen masyarakat di Kabupaten Kendal,” tandas Dico.

Sebelum mengakhiri penyampaian jawaban pemandangan umum ini, Bupati Kendal juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kritik dan saran, serta masukan tentang penyampaian Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021.

Dico mengaku, dengan kritik saran dan masukan tersebut akan menjadikan Rancangan Perubahan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021 menjadi lebih baik dan sempurna.

“Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita sekalian dalam menyusun Rancangan Perubahan APBD Tahun 2021 dan membawa manfaat sebesar-besarnya untuk kemajuan masyarakat Kendal yang kita cintai,” pungkas Dico, mengakhiri sambutannya.(HS)

Share This

Hindari Kerumunan, Haul Sunan Abinawa Di Kendal Ditiadakan

Harus Dipahami, Jual Rokok Tingwe Dapat Dikenakan Cukai