Ini Harapan Jajaran DPRD Usai Gelaran Pilwakot Semarang

 

Ketua Komisi A DPRD Kota Semarang, Fajar Rinawan S saat memimpin tinjauan komisi belum lama ini.

 

HALO SEMARANG – Jajaran DPRD Kota Semarang berharap, setelah gelaran Pilwalkot Kota Semarang, calon terpilih setelah dilantik nanti bisa langsung bekerja mengimplementasikan program maupun visi misinya sesuai yang disampaikan saat kampanye. Seperti diketahui, calon petahana Hendrar Prihadi dan Hevearita G Rahayu, dari hitung cepat beberapa survey dinyatakan menang di Pilwakot Semarang, Rabu (9/12/2020).

Ketua Komisi A DPRD Kota Semarang, Fajar Rinawan S mengatakan, dari hasil perolehan suara ini, artinya pasangan calon petahana memperoleh kepercayaan yang tinggi dari warga Kota Semarang.

Dan harapannya ke depan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih nanti, bisa mengimplementasikan visi dan misinya. Sehingga membuat Kota Semarang lebih hebat.

“Program yang sudah dicanangkan diharapkan bisa segera dilaksanakan,” katanya, Kamis (10/12/2020).

Pihaknya juga memberikan apresiasinya kepada semua warga Kota Semarang yang bersama-sama telah mensukseskan Pilwalkot Kota Semarang, sehingga berjalan tertib, aman, dan lancar.

“Harapannya Hendi-Ita bisa membawa Kota Semarang bisa makin hebat. Baik dari segi pembangunan infrastruktur dan pelayanan publiknya,” imbuhnya.

Meski masih kemenangan sementara, pihaknya mengimbau kepada pendukung atau masyarakat untuk tidak terlalu berlebihan menyambut kemenangan ini. Apalagi saat ini masih dalam masa pandemi.

“Tentunya kegiatan yang melibatkan kerumunan orang banyak untuk bisa dihindari sesuai dengan protokol kesehatan. Sambil menunggu pengumuman resmi dari KPU Kota Semarang,” terang yang juga politisi PDIP itu.

Dia, juga membandingkan tingkat partisipasi pemilih Pilwalkot Semarang kali ini yang lebih tinggi dibandingkan dengan lima tahun lalu. Sebelumnya, tingkat partisipasi pemilih sebesar 65 persen, dan kali ini meningkat menjadi hampir 70 persen. “Hal ini membuktikan kepedulian masyarakat Kota Semarang terhadap kotanya juga tinggi,” ujarnya.

Sementara anggota DPRD Kota Semarang yang lain, M Sodri mengatakan, pihaknya mengapresiasi warga Kota Semarang yang telah menggunakan hak pilihnya di Pilwakot Semarang tahun 2020. “Ini luar biasa, kepercayaan tinggi dari warga. Harapannya program untuk kesejahteraan masyarakat bisa lebih meningkat,” kata politisi PKB ini.

M Sodri berharap, Semarang sebagai Ibu Kota Jawa Tengah menjadi contoh daerah lain. Pihaknya mengapresiasi kepada masyarakat meski pandemi Covid-19, warga tetap antusias datang ke TPS untuk mencoblos sesuai hati nuraninya.

Menurutnya, dengan dipimpin kepala daerah yang dipilih mayoritas warganya, bisa membawa Kota Semarang lebih baik dan sejahtera. Di antaranya, bisa mensejahterakan warga dengan meningkatkan lapangan kerja. Apalagi akibat dampak dari pandemi Covid-19, banyak warga yang terkena pemutusan hubungan kerja.

“Dari segi pendidikan, masih harus ditingkatkan, karena selama ini belum optimal dengan masih ada perlakuan yang beda antara sekolah swasta dengan sekolah negeri. Misalnya masalah bantuan ke sekolah madrasah dan sekolah negeri umumnya,” katanya.

Lalu, pekerjaan rumah yang harus segera dilaksanakan setelah pengumuman resmi dari KPU, adalah masalah infrastuktur jalan. Terutama di daerah pinggiran yang belum merata. “Kemudian masih kurangnya perawatan terhadap bangunan fisik seperti taman, dan saluran yang ada di lingkungan belum tertata dengan baik,” tandasnya.

Sementara anggota DPRD lain, Jauhar Awaluddin mengatakan, pihaknya berharap usai gelaran Pilwalkot Semarang, pasangan petahana bisa melanjutkan program kegiatan yang telah direncanakan tahun 2020. Sebab banyak rencana kegiatan pembangunan pemerintah Kota Semarang yang sempat tersendat atau ditunda akibat pandemi.

“Dan yang paling penting, bisa atasi pandemi Covid-19 di Kota Semarang yang saat ini angkanya naik kembali. Dan juga bisa membangkitkan lagi perekonomian masyarakat yang terdampak selama pandemi. Misalnya mengembangkan UMKM, mempermudah investasi, dan menggerakkan roda ekonomi,” katanya politisi PKS ini.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.