in

Ini Formasi CASN Kota Semarang yang Paling Diminati dan yang Sepi Pelamar

Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kota Semarang, Litani Satyawati saat diwawancarai awak media.

 

HALO SEMARANG – Pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN) telah ditutup Senin (26/7/2021) malam. Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kota Semarang merilis tiga formasi yang paling dimintai dan yang paling sepi pendaftar.

Menurut data yang ada, tiga tertinggi peminat CASN yang mencapai ratusan pelamar, yakni pada formasi penyusun laporan keuangan, terampil perencana, dan ahli pertama perencana.

Adapun bottom three atau tiga terbawah yakni pengawas kemetrologian, terampil teknik pengairan, dan ahli pertama pengendali dan dampak lingkungan.

Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kota Semarang, Litani Satyawati mengatakan, di Kota Semarang meskipun ada formasi yang sepi peminat, namun masih ada yang mendaftar.

“Karena kalau di Semarang, ada 10 pendaftar saja, sudah tergolong sepi peminat,” katanya, Rabu (28/7/2021).

Litani menyebutkan, ada 21.821 pelamar calon aparatur sipil negara (CPNS) dan 3.552 pelamar pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang mendaftar di Pemerintah Kota Semarang.

Padahal, lowongan atau kebutuhan pegawai hanya 1.241 untuk CPNS dam 2.291 untuk PPPK.

“Kalau dari segi peminat, luar biasa total ada 21.821 CPNS dan PPPK sebanyak 3.552,” imbuhnya.

Menurut dia, BKPP saat ini sedang melakukan verifikasi berkas pendaftaran para pelamar. Nantinya pendaftar yang tidak memenuhi syarat akan gugur. Dari catatannya, gugurnya pendaftar saat verifikasi karena IPK di bawah ketentuan, dan kurang persyaratan administrasi.

“Misalnya ketentuannya IPK minimal 3.00, namun 2 koma sekian tetap mendaftar. Ada juga yang salah jurusan, ada juga yang berkas administrasi belum di unggah,”paparnya.

Adapun jadwal pengumuman seleksi administrasi, lanjut dia, akan dilakukan secara serentak dengan pemerintah kabupaten/kota lainnya, yakni 2-3 Agustus 2021 mendatang.(HS)

Share This

BRIN Kembangkan Teknologi Pengolah Limbah Medis Skala Kecil

Bank Jateng Bagikan Bantuan Sosial 25.000 Paket Sembako