in

Ini Empat Oleh-oleh Khas Semarang yang Legendaris dan Paling Dicari Wisatawan

Lumpia Semarang, kuliner khas Kota Semarang.

SETIAP daerah selalu memiliki oleh-oleh khas yang sudah dikenal dan wajib dicari saat tengah berlibur atau yang bisa dijadikan buah tangan oleh wisatawan. Seperti Kota Semarang, banyak jenis oleh oleh atau panganan khas yang legendaris dan hits yang harus dicoba dan dibawa pulang, khususnya para pelancong atau pemudik. Dan ini ada rekomendasi lima oleh-oleh Semarang yang paling populer oleh wisatawan.

1. Bandeng Presto

Ikan bandeng memang memiliki cita rasa daging yang gurih. Tapi sebagian orang malas memakannya karena banyaknya duri-duri yang lembut. Tetapi, sejak ikan bandeng bisa diolah menjadi ikan yang berduri lunak, membuat orang-orang bisa menikmati gurihnya bandeng tanpa perlu takut terkena atau tertelan durinya.

Bandeng presto adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini dibuat dari ikan bandeng (Chanos chanos) yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Walaupun pada awalnya ditemukan oleh Hanna Budimulya yang lahir di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, namun makanan lezat yang satu ini menjadi ikon Kota Semarang. Di Kota Semarang banyak sekali toko oleh-oleh yang menjual bandeng presto ini.

2. Lumpia

Lumpia Semarang adalah makanan semacam rollade yang berisi rebung, telur, dan daging ayam atau udang.

Cita rasa Lumpia Semarang adalah perpaduan rasa antara kultur kuliner khas Tionghoa dan Indonesia, karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini mulai dijajakan dan dikenal di Semarang ketika pesta olahraga GANEFO diselenggarakan di Indonesia tahun 1963 pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

3. Kue Moaci

Penghobi camilan manis wajib membeli moaci yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Semarang. Moaci adalah panganan/jajanan dengan tekstur kenyal dengan ragam isian. Kue Moaci dikenal dengan kultur Cina peranakan sebagai Cemilan oleh-oleh legendaris asli dari Kota Semarang yang terbuat dari adonan tepung ketan yang di dalamnya berisi kacang cincang dan gula, dengan cita rasa yang unik, enak dan tekstur kenyal serta harga terjangkau.

Kue ini sekaligus menjadi bukti, bahwa Semarang menjadi salah satu kota di Indonesia dengan keragaman budaya Jawa dan Tionghoa yang mampu hidup berdampingan dengan harmonis.

4. Wingko Babat

Wingko Babat bisa menjadi oleh-oleh khas Semarang untuk kudapan teman minum teh atau kopi. Kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan, dan gula ini dahulu sering dijajakan di stasiun kereta api, sehingga tak heran jika wingko babat cap kereta api legendaris sebagai pilihan oleh-oleh khas Semarang. Wingko babat favorit wisatawan. Paduan kepala yang gurih dengan rasa manis seperti cokelat, pisang raja, nangka, hingga durian membuat pecinta kuliner tak bisa melupakan keniikmatannya.(HS)

Mbak Ita Ikut Melepas 900 Warga Semarang ‘Balik Kerja’ ke Jakarta

Korban Meninggal Kecelakaan Bus Rosalia Bertambah Satu Orang