Ingin Lebih Dekat Dengan Masyarakat, Dandim 0715 Kendal Tinjau Langsung Kesiapan Program TMMD 2020

Komandan Kodim 0715 Kendal, Letnan Kolonel Infanteri Iman Widhiarto turun langsung untuk ikut aktivitas panen petani di Dusun Pening, Desa Sendang Kulon, Kecamatan Kangkung, Senin (7/9/2020).

 

HALO KENDAL – Komandan Kodim 0715 Kendal, Letnan Kolonel Infanteri Iman Widhiarto meninjau langsung persiapan Program TMMD 109 bulan Oktober di Dusun Pening, Desa Sendang Kulon, Kecamatan Kangkung, Senin (7/9/2020).

Dandim dalam kesempatan itu menyampaikan, sinergisitas Kodim 0715 Kendal bersama pihak terkait dibuktikan dengan rencana pembangunan akses jalan, salah satunya di Dusun Pening.

Menurutnya dari hasil tinjauan di lapangan, saat ini petani Dusun Pening banyak yang mengeluhkan jalur utama transportasi yang rusak.

“Mereka mengeluhkan akses jalan yang dilalui ketika akan menjual hasil panen. Karena saat ini akses utama untuk transportasi hasil panen kondisinya masih memperihatinkan,” ungkap Dandim, Senin (7/9/2020).

Untuk itu dalam program TMMD 109 Reguler yang dimulai bulan Oktober nanti, pengerasan jalur transportasi Dusun Pening menjadi salah satu prioritas.

“Insya-Allah dengan pengecoran jalan program TMMD, para petani tidak kesulitan saat membawa hasil panen dan produktifitas petani bisa lebih maksimal,” terang Dandim.

Di samping peningkatan kualitas jalan, lanjut Dandim, dirinya juga mendapat masukan dari petani mengenai peralatan manual untuk menyelep padi yang lebih canggih.

Dandim berharap, Dinas Pertanian Kabupaten Kendal bisa mengadopsi hal ini, dan mengupayakan alokasi alat perontok yang lebih canggih untuk petani.

Dandim juga berharap pihak terkait untuk mengalokasikan alat panen combine harvester untuk para petani.

“Saya tanya beberapa penggarap sawah, kok alatnya sewa dari berbagai daerah luar Kendal, seperti Demak bahkan dari Madiun, Jatim. Penggunaan alat ini sangat menghemat waktu kerja. Selain itu dapat menekan biaya panen. Sehingga petani untung,” jelas Letkol Inf Iman.

Dalam upaya lebih dekat dengan masyarakat, dalam kesempatan itu Dandim beserta Camat Kangkung dan jajaran Kodim, Koramil Cepiring dan Forkopimcam Kangkung juga meninjau kehidupan penduduk Dusun Pening, Desa Sendang Kulon.

Penduduk Dusun Pening, di samping bertani juga banyak yang berprofesi sebagai nelayan dan penjual ikan, baik mentah maupun asapan. Hal itu karena Desa Sendang Kulon berada di wilayah pesisir Kendal.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.