in

India Berambisi jadi Produsen Utama Smartphone Dunia

Foto tangkap layar Twitter Ravi Shankar Prasad.

 

HALO SEMARANG – India berambisi untuk menjadi produsen utama smartphone dunia.

Dengan lebih dari 200 unit manufaktur ponsel yang didirikan dalam lima tahun terakhir, India kini menjadi produsen ponsel terbesar kedua di dunia.

Pencapaian ini disampaikan Menteri Teknologi Informasi dan Elektronik India, Ravi Shankar Prasad. Pencapaian ini tentu saja berarti banyak mengantarkan India untuk bisa memenuhi ambisinya menjadi negara penghasil smartphone nomor 1 di dunia.

“Di bawah kepemimpinan PM @narendramodi, India telah menjelma menjadi pabrikan ponsel terbesar ke-2 di dunia. Dalam 5 tahun terakhir, lebih dari 200 manufaktur ponsel didirikan. #ThinkElectronicsThinkIndia,” kata Prasad melalui cuitan di akun Twitternya.

Berdasarkan grafik yang dibagikan oleh sang menteri, India mengekspor 36 juta unit smartphone pada fiscal year 2020. Angka ini bertumbuh jauh dibandingkan dengan fiscal year 2019 sebanyak 17 juta unit. Artinya, pertumbuhannya sebesar 111,76%.

“Sekarang adalah kesempatan bagi perusahaan-perusahaan untuk mempertimbangkan #India sebagai destinasi di sektor ESDM dan menjadi bagian dari #ElectronicManufacturing Hub terbesar di dunia. #ThinkElectronicsThinkIndia,” tambah Prasad.

Dikutip dari Times Now, jika melihat India saat ini, tampaknya kerja keras negeri Bollywood tersebut agar negaranya tak sekadar jadi konsumen tampak membuahkan hasil.

Penting untuk dicatat, berbagai merek smartphone terlaris seperti Samsung, Realme, dan Xiaomi, berada di garis depan dalam pembuatan handset di India.

Bahkan, Apple saat ini sedang mempertimbangkan manufaktur perangkatnya secara lokal di negara tersebut.(HS)

Share This

Untuk Ketiga Kali, Conor McGregor Umumkan Pensiun dari UFC

Ini Alasan Pemkot Semarang Tutup Sementara Pasar Karangayu