in

Indahnya Sunrise dan Sunset di Bukit Srigunung Banyuputih

Pemandangan di Wahana Wisata Bukit Srigunung di Kecamatan Banyuputih, Batang.

 

HALO BATANG – Bila anda berpergian ke Kabupaten Batang, ada baiknya mampir dan mencoba Wahana Wisata Bukit Srigunung di Kecamatan Banyuputih.

Objek wisata ini sepintas mirip dataran tinggi Dieng yang ada di Kabupaten Banjarnegara.

Lokasi Bukit Srigunung ini terletak di Dusun Kedondong, Desa Kedawung, Kecamatan Banyuputih.

Di Wisata Bukit Srigunung ini, tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati suguhan pemandangan hamparan Kabupaten Batang.

Di Bukti Srigunung, selain dapat menikmati matahari terbit (sunrise), juga dapat menikmati indahnya suasana sore saat matahari terbenam (sunset).

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat pemandangan hamparan bukit hijau yang ditumbuhi berbagai macam hasil perkebunan khas Kabupaten Batang.

Menurut Yulianto, selaku Koordinator Pengelola, tempat wisata Bukit Sri Gunung ini merupakan buah kreativitas dari PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Siluwok, Kabupaten Batang.

“Awalnya, melihat panorama yang disuguhkan di atas perkebunan bagus. Kemudian dikelola penuh oleh PTPN Siluwok. Dan juga mengajak warga sekitar untuk jualan di sini,” terangnya kepada halosemarang.id, Jumat (14/5/2021).

Di bukit yang menjadi kebanggaan warga Kecamatan Banyuputih ini juga dilengkapi dengan puluhan gazebo, tempat untuk swafoto, dan ada beberapa warung makan dan parkiran yang luas.

Diungkapkan Yulianto, sedikitnya ada 400 pengunjung yang datang di hari kedua Lebaran tahun ini. Kebanyakan warga Batang dan sekitar, seperti Kendal dan Pekalongan.

“Bagi yang ingin berkunjung, untuk hari libur dan Lebaran, wisatawan dikenakan harga tiket masuk Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Sedangkan hari biasa Rp 5.000 saja,” jelasnya.

Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan kolam renang khusus anak-anak yang berada tak jauh dari pintu masuk.

“Untuk kolam renang khusus anak-anak, pengunjung dikenakan tarif tambahan Rp 10.000. Tarif tersebut termasuk orang tua yang menemani anaknya,” imbuh Yulianto.

Menurut salah satu wisatawan asal Cepiring, Kendal, Setyo Yuwanto, dirinya sudah dua kali datang dan menikmati wisata Bukit Srigunung ini. Saat mengunjungi mertuanya di Banyuputih, ia dan keluarganya menyempatkan diri untuk berwisata di sana.

“Saya sudah dua kali. Waktu itu saat pembukaan dan hari ini, sekalian menengok mertua di Dukuh Pekiringan, Desa Banyuputih. Memang hanya diperlukan beberapa menit saja untuk mencapai lokasi ini. Namun harus kuat naik bukit,” ungkapnya.

Senada diungkapkan pengunjung asal Kaliwungu, Kendal, Rosidah. Menurutnya dalam mengisi libur Lebaran ini, dirinya bersama keluarga dan saudara menyempatkan diri untuk melihat objek wisata Bukit Srigunung.

“Kami merasa penasaran saja. Kabarnya bagus pemandangannya juga sejuk. Makanya saya sekeluarga dan saudara datang ke sini. Ternyata memang bagus pemandangannya,” ujar Rosidah.(HS)

Share This

Tekad Lanjutkan Hasil Positif di Le Mans

Anggota Komisi E DPRD Jateng Minta Larangan Petasan Digencarkan